Goldman Sachs 1986: Privatisasi British Gas

11 Nov 2019 14:31   ngopiTURIAL
Goldman Sachs 1986: Privatisasi British Gas
SAPA#1449: Goldman Sachs 1986... Privatisasi British Gas. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di LE MERIDIEN JAKARTA. — di SNF Consulting.

Tahun 1980-an adalah gelombang privatisasi pada perusahaan-perusahaan milik pemerintah Inggris. Perdana Menteri ketika itu, Margaret Thacher, bersama partai yang sedang berkuasa Corservative Party sedang bekerja keras untuk memastikan daya saing kapitalisme di neggaranya sekaliggus mengatasi kekuatan serikat perkerja dengan mengalihkan kepemilikan saham oleh negara kepada pemegang saham publik.
Goldman Sachs ditunjuk sebagai penggelola penerbitan saham British Gas di USA senilai USD 8 Milyar. Ketika itu adalah transaksi saham terbesar. Keberhasilan proyek ini menjadikan Goldman dipercaya untuk transaksi perusahaan-perusahaan pemerintah Inggris berikutnya antara lain penerbitan obligasi British Gas dan penjualan sisa saham pemerintah di British Petroleum tahun 1987 senilai USD 12,4 Miliar.

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting