Golden Share: Hak Veto Pemerintah Brazil di Embraer

04 Dec 2017 11:33   Ngopiturial
Golden Share: Hak Veto Pemerintah Brazil di Embraer
SAPA#0883: Sebelum kehilangan kendali karena terdilusi, pemerintah bisa mencantumkan hak veto tertentu untuk memastikan bahwa BUMN yang didirikannya tetap akan dijalankan untuk kepentingan bangsanya. Siapapun pemegang sahamnya. Seperti hak veto pemerintah Brazil melalui golden share yang dimilikinya di Embraer. Perusahaan meraksasa menguasai pasar pesawat terbang dunia karena setoran modal jutaan orang tanpa kehilangan jati diri dan fungsi bagi bangsa dan negaranya. Kalau bangsa kita mau, PTDI juga bisa. Jika tidak mau, ya sudah relakan saja PTDI tetap kecil seperti saat ini. Sekedar monumen bahwa bangsa kita bisa membuat pesawat terbang. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Pesaham Embraer (31/12/16): Brandes Investment Partners, LP (12,00%), Oppenhemer Fund's (7,73%), BNDES Paticipacoes SA (5,37%), Caixa de Previdencia dos Funcionarios do Banco do Brasil Previ (4,80%). Baillie Gifford (3,55%). Acoes em Tesouraria (0,80%), Uniao Federal (1 lembar Goldern Share), lain lain dengan kepemilikan kurang dari 0,80% (65,75%).

Dengan terus menerus melepas saham baru, pemerintah Brazil (Uniao Federal) sebagai pendiri Embraer tinggal memiliki satu lembar golden share dengan hak veto sebagaimana pada tampilan di atas.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting