Gergaji Pertumbuhan Pasar

02 Jan 2018 15:01   ngopiTURIAL
Gergaji Pertumbuhan Pasar
SAPA#0912: Pola gergaji pertumbuhan pasar dan pola gergaji korporatisasi adalah ibarat dua sisi dari sebuah koin mata uang untuk pertumbuhan dan korporatisasi. Bagaimana perusahaan tempat Anda berkarya? Sudah memilikinya? Baca Sarapan Pagi sejak edisi 17 Desember 2017 lalu untuk mendalami ilmu gergaji ini. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Sarapan Pagi SAPA#0897 membahas pola gergaji korporatisasi untuk pertumbuhan perusahaan. Gergaji korporatisasi adalah jaminan pasokan modal. Pertanyaannya, bagaimana departemen pemasaran mendayagunakan modal tersebut? Butuh gergaji pertumbuhan pasar.

Perhatikan gambar. Perusahaan memulai dengan menyediakan kapasitas tertentu. Bagi maskapai penerbangan misalnya, penyediaan kapasitas dimulai dengan membuka penerbangan tertentu pada sebuah rute. Saat baru dibuka, utilisasi kapasitas (tingkat keterisian kursi) rendah. Departemen pemasaran terus bekerja menaikkannya. 

Suatu saat utilisasi mencapai ambang batas. Meningkatkan utilisasi akan menurunkan kualitas layanan. Saatnya membuka penerbangan baru (batch kapasitas baru) untuk rute tersebut. Tingkat utilisasi akan turun seketika. Selanjutnya pemasaran bekerja lagi untuk mengisinya. Demikian terus berulang sampai terbentuk pola gergaji pertumbuhan pasar. Pendapatan terus tumbuh pesat.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting