Gergaji Pertumbuhan dan Inefisiensi

03 Jan 2018 09:09   ngopiTURIAL
Gergaji Pertumbuhan dan Inefisiensi
SAPA#0914: Segala kebaikan butuh pengorbanan. Pengorbanan bagi pertumbuhan perusahaan adalah inefisiensi. Bagaimana perusahaan tempat Anda berkarya? Sarapan Pagi persemgahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Sarapan Pagi SAPA#0897, SAPA#0912, & SAPA#0913 membahas pola gergaji korporatisasi untuk pertumbuhan perusahaan. Pertumbuhan adalah sesuatu yang menarik. Sesuatu yang didambakan. Segala sesuatu yang menarik dan didambakan tentu butuh kompensasi. Lalu, apa kompensasi pertumbuhan?

Satu sisi, penambahan kapasitas operasional adalah umpan bagi pertumbuhan. Sisi lain, umpan ini menjadi sumber inefisiensi. Ada kapasitas yang belum terdayagunakan. Inilah kompensasi pertumbuhan. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan segi tiga warna kuning.

Pada sebuah maskapai penerbangan misalnya, penambahan penerbangan, rute atau pesawat baru adalah umpan pertumbuhan. Pada awalnya akan berakibat inefisiensi. Ada kapasitas terbuang. Tapi, dengan pemasaran inefisiensi akan terkikis. Utilisasi meningkat. Tumbuh.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting