Free Cash Flow Danone

12 Feb 2018 11:16   Ngopiturial
Free Cash Flow Danone
SAPA#0954: Free Cash Flow menunjukkan uang tunai yang bisa dinikmati oleh pemegang saham sebuah perusahaan. Dilemanya, Free Cash Flow berbanding terbalik dengan belanja modal perusahaan. Padahal persaingan belanja modal adalah persaingan yang sesungguhnya di dunia bisnis. Mari ambil pelajaran dari Danone. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Free cash flow adalah ukuran kemampuan perusahaan untuk memberikan manfaat berupa uang tunai kepada pemegang saham. Free cash flow dihitung dengan mengoreksi kas operasional yaitu menguranginya dengan aliran kas untuk investasi.

Free cash flow Danone tahun 2016 adalah EUR 1,786 Milyar (Rp 30T). Angka ini naik 17% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar EUR 1,529 (Rp 25T).

Perusahaan-perusahaan dari negara dengan ekonomi maju seperti Danone cenderung tidak terlalu ekspansif. Santai. Secara finansial ditandai dengan kecilnya belanja modal dibanding dengan laba. Dengan laba EUR 1,827 Milyar (Rp 30 T). Danone hanya mengalokasikan EUR 925 Juta (Rp 15T) alias 50% laba. Perusahaan yang ekspansif umumnya belanja modalnya lebih besar dari laba. Bahkan bisa berkali-kali lipat dibanding laba.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis Manajemen, Management Sparring Partner, SNF Consulting