Enel Si
SAPA#0868: Masih tentang BUMN kelistrikan di berbagai negara. Kali ini tentang Enel, "PLN"-nya Italia. Ikuti terus tiap hari di Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Enel Si "PLN" Italia: Perusahaan Publik Menguasai Dunia

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 20 Nov 2017 WIB

Ente nazionale per I'energia alias Badan listrik nasional disingkat Enel dibentuk oleh pemerintah Italia 1962 untuk mengelola kelistrikan bangsanya. Mengoperasikan pembangkit listrik nuklir pertama 1978. Tahun 19952 diubah menjadi berbadan hukum perusahaan dan kemudian melakukan konsolidasi dengan mengakuisisi berbagai perusahaan kelistrikan di Italia. Tahun 1999 seiring dengan liberalisasi kelistrikan, Enel diprivatisasi.

Kini, Enel adalah sebuah fully public company tanpa pesaham pengendali. Saham pemerintah Italia terdilusi hingga tinggal 23,6%. Terdilusinya saham pemerintah menjadikan Enel sebagai perusahaan terbesar ke 99 dunia dalam pendapatan, laba, aset dan kapitalisasi pasar. Enel juga perusahaan kelistrikan nomor 1 tebesar dunia untuk ukuran yang sama dalam Forbes 2017 dengan pendapatan 758,9 laba 2,8 aset 164,1 & market cap 47,5 (USD, Milyar). Enel kini hadir di lebih dari 30 negara, termasuk RI, wilayah pasar PLN.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.