Embraer: Satu-satunya Dari Dunia Ketiga

04 Dec 2017 11:14   Ngopiturial
Embraer: Satu-satunya Dari Dunia Ketiga
SAPA#0882: Globalisasi secara bisnis artinya barang atau jasa yang dipakai seluruh masyarakat dunia sama. Seragam. Sama secara produk dan sama secara merek. Pesawat terbang termasuk produk yang telah mengalami globalisasi. Seluruh dunia hanya mengenal Boeing, Airbus, Embraer dan Bombardier. Yang lain dipaksa menyingkir oleh konsumen global. Masih ada peluang satu atau dua merek lagi. Dan.... PTDI punya peluang. Syaratnya: butuh gelontoran modal belasan Trilyun rupiah untuk riset dan meluncurkan beberapa produk baru. Gelontoran modal dari jutaan orang melalui lantai bursa sampai tidak ada lagi pesaham pengendali. Tidak juga pemerintah. Seperti Embraer. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Tahun 2016 seluruh perusahaan dirgantara global mengirimkan 1617 pesawat terbang ke berbagai negara. Boeing berada di posisi teratas dengan mengirimkan 748 pesawat alias menguasai pangsa pasar 46%. Posisi kedua ditempati Airbus dengan 688 pesawat alias 43%. Posisi ketiga adalah Embraer dengan 108 pesawat alias 7%. Keempat adalah Bombardier (Canada) dengan 53 pesawat alias 3%. Sisanya adalah maskapai lain-lain dengan 20 pesawat.

Pada industri yang batas-batas antar negara sudah benar-benar pudar seperti dirgantara, pasar hanya akan memberi tempat kepada beberapa pemain besar. Embraer adalah satu-satunya dari dunia ketiga yang mampu bicara. Kok bisa? Ikuti terus Sarapan Pagi.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting