Ekuitas Minus Pemerintah USA, Mengapa Berani?
SAPA#1153: Mengapa utang segunung pemerintah USA justru menjadikan negerinya sebagai super power tiada lawan? Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Ekuitas Minus Pemerintah USA, Mengapa Berani?

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 30 Aug 2018 WIB

Posisi total utang pemerintah USA akhir 2017 adalah USD 23,9 Triliun. Sementara posisi total asetnya hanya USD 3,5T. Utangnya jauh lebih besar dari total aset. Sederhananya, jika seluruh aset pemerintah dijual untuk membayar utang, masih ada kekurangan sebesar USD 20,4 T (IDR 295.800 T). Mengapa berani?

Pertama, utangnya sebagian besar adalah kepada masyarakat melalui surat berharga (obligasi) yaitu sebesar USD 14,7 T. Tanda bahwa masyarakat USA berbudaya investasi.

Kedua, utang terbesar kedua yaitu USD 7,7T adalah berupa manfaat untuk pegawai pemerintah dan veteran. Bisa maknai bahwa pegawai pemerintah dan veteran rela mengutangi pemerintah untuk membangun negara kuat.

Ketiga, banyak sekali aset pemerintah tidak dimasukkan dalam neraca karena memang tidak mungkin yaitu sumber daya alam yang dikuasai negara. Seolah-olah masyarakat USA berkata pemerintah "Simpan dulu sumber daya alam negeri ini. Pakai dulu uang saya untuk biaya negara".

Itulah tiga pelajaran finansial penting mengapa USA menjadi negara super power. Mestinya kita juga bisa!

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.