Danone: Reinventing Core Competence
SAPA#0956: Ringan dan cepat dalam mengakuisisi, juga ringan dan cepat dalam menjual anak perusahaan. Itulah resep reinventing core conpetence Danone hingga menjadi pemain kelas dunia seperti sekarang. Akuisisi perusahaan di berbagai negara dengan bisnis yang sesuai core competence. Jual anak perusahaan dengan bisnis yang tidak sesuai core competence. Perusahaan tempat Anda berkarya bagaimana? — di SNF Consulting.

Danone: Reinventing Core Competence

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 14 Feb 2018 WIB

Danone berawal tahun 1966 ketika sebuah perusahaan produsen kaca Perancis Glaces de Boussois and Verrerie Souchon Neuvesel bergabung (merger) membentuk Boussois Souchon Neuvesel atau BSN. Tahun 1970 BSN masuk bisnis makanan dan minuman dengan mengakuisisi 3 perusahaan makanan minuman pelanggan utama bisnis kemasan kacanya yaitu Brasseries Kronenbourg, Societe Europeenne de Brasseries dan Societe Anonyme des Eaux Minerales d'Evian. Akuisisi ini menjadikan BSN pemimpin pasar Perancis untuk produk bir, air dalam kemasan dan makanan bayi. Kepemimpinan pasar makin kuat setelah BSN bergabung (merger) dengan Gervais Danone, sebuah perusahaan produk susu dan pasta, menjadikannya sebagai perusahaan makanan minuman terbesar di Perancis.

Sepanjang 1970-an hingga 1990-an, setelah menjual bisnis kaca (plain glass), BSN fokus ke bisnis makanan dan minuman serta harus berekspansi ke Eropa Barat. Akuisisi Generale Biscuit (anak perusahaan sektor biskuit Nabisco) dan Galbani (raja keju Itali) menjadikan BSN sebagai perusahaan makanan minuman terbesar ketiga di Eropa.

Sejak 1990-an, BSN terus berekspansi secara global dengan akuisisi berbagai perusahaan di berbagai negara. Nama BSN diubah menjadi "Groupe Danone" tahun 1994 dan kemudian diubah lagi menjadi "Danone" tahun 2009. Tahun 1996 menjual BSN Glasspack (produsen kemasan kaca) dan hanya berbisnis makanan minuman. Selanjutnya menjual bisnis grocery, bir, saus dan keju untuk menajamkan fokus ke bisnis makanan sehat dengan misi "bringing health through food to as many people as possible".

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.