Dana Hasil IPO Prodia
SAPA#0839: Bagi sebuah perusahaan yang bervisi tinggi, IPO bukan puncak prestasi. IPO bukan garis finish. Sebaliknya, IPO adalah garis start. IPO adalah awal dari sebuah proses untuk mendayagunakan core competence yang dimiliki memenuhi kebutuhan masyarakat melampaui sekat-sekat negara tanpa adanya kendala permodalan. Dimulai dari IPO, dana masuk, ekuitas naik, DER turun, pemanfaatan dana IPO sesuai prospektus, dana IPO habis termanfaatkan, terus ekspansi pasar dengan memanfaatkan potensi utang, DER kembali naik, right issue (melepas saham baru) untuk kembali menaikkan ekuitas dan menurunkan DER, memanfaatkan dana right issue untuk ekspansi, dana right issue habis tetap lanjut ekspansi dengan memanfaatkan kapasitas utang, DER naik lagi dan right issue lagi.... Demikian seterusnya...terus tumbuh membesar mrlampauii sekat-sekat negara. Bagaimana pemanfaatan dana IPO Prodia akhir tahun lalu? Nampaknya manajemen masih santai. Dana masih disimpan di bank sebagai deposito dengan menikmati imbal hasil 7% pertahun. Memang tidak ada tanda-tanda IPO Trap karena dana belum dipakai. Prodia.... Ayooo! Sarapan Pagi dipersembahkan oleh SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Dana Hasil IPO Prodia

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 20 Oct 2017 WIB

Prodia melakukan IPO akhir tahun 2016 memperoleh dana sebesar Rp 1,22T. Rencana penggunaan dana dalam prospektus: sekitar 67% untuk pengembangan jejaring gerai, sekitar 19% untuk meningkatkan kualitas layanan dengan alat & teknologi baru, dan sekitar 14% untuk modal kerja. Kepada media (www.merdeka.com, 7  Des 2016) Prodia menyatakan akan membuka sebanyak-banyajnya 33 gerai baru dalam 4 tahun.

Satu semester setelah IPO Prodia belum menunjukkan adanya pergerakan aset yang signifikan, Prodia masih menyimpan uang hasil IPO senilai Rp 961 Milyar (sekitar 79% dana hasil IPO) dalam bentuk deposito di bank dengan menerima imbal hasil 7% pertahun.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis, SNF Consulting, Management Sparring Partner, Konsultan Manajemen Bisnis

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.