Dana Akuisisi Dari Menerbitkan Saham (rights Issue) Semen Indones

07 Dec 2018 10:32   ngopiTURIAL
Dana Akuisisi Dari Menerbitkan Saham (rights Issue) Semen Indones
SAPA#1241: Dana akuisisi dari menerbitkan saham baru Semen Indonesia. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Tampilan di atas adalah daftar pemegang saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada Laporan Tahunan 2017. Tampak bahwa pemerintah RI memegang 3,025 milyar lembar dari 5,932 milyar lembar saham alias 51,01%.

Hari ini harga saham Semen Indonesia adalah Rp 11.650, artinya, untuk mendapatkan dana Rp 13 Trilyun Semen Indonesia bisa menerbitkan 1,116 Milyar lembar saham baru dan dilepas ke publik di lantai bursa.

Berdasarkan dividen tahun lalu, untuk mendapatkan dana Rp 13 Trilyun tersebut Semen Indonesia hanya perlu membayar dividen sebesar 1,17%.

 

Jika cara ini dilakukan, apakah tidak berarti pemerintah telah menjual aset negara? Tidak. Yang dijual adalah saham baru. Saham pemerintah tetap 3,025 milyar lembar. Tidak ada selembarpun aset negara berupa saham yang dijual.

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, Management Sparring Partner, SNF Consulting