Belajar dari Samsung: Anda Jago Kandang atau Kelas Dunia?

15 Jan 2018 11:30   ngopiTURIAL
Belajar dari Samsung: Anda Jago Kandang atau Kelas Dunia?
SAPA#0924: Jika perusahaan fokus adalah ibarat dokter spesialis, perusahaan konglomerasi adalah ibarat dokter umum. Mari belajar dari Samsung. Spesialis yang menguasai dunia. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting diunggah dari dalam gerbong kereta Bima Surabaya-Malang https://t.me/sarapanpagi — di SNF Consulting.

Ada 7 perusahaan berbendera Samsung yang masuk daftar 2000 perusahaan terbesar dunia dalam hal pendapatan, laba, aset dan kapitalisasi pasar (SAPA #0915-SAPA #0923). Mereka terus-menerus melakukan ekspansi ke berbagai negara. Menguasai pasar dunia.

Paling tidak ada 2 sumber keunggulan mereka untuk menjadi pemain dunia. Pertama, mereka memiliki keahlian di biangnya masing-masing yang lebih baik dari pesaingnya di negara-negara yang dimasuki. Mereka fokus.

Kedua, mereka didukung modal nyaris tanpa batas dari lantai bursa. Pesaham pendiri tidak membatasi masuknya modal dari pesaham baru. Tidak takut terdilusi dan tidak lagi menjadi pesaham pengendali. Yang penting nilai saham maupun dividennya naik berlipat.

Dunia menyatu. Sekat negara sudah tidak efektif secara bisnis. Perusahaan mesti memilih: menjadi kelas dunia atau dihabisi oleh si kelas dunia. Perusahaan Anda bagaimana?

 

SOP, KPI, Studi Kelayakan, Kelas Manajemen, Road Map, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Manajemen Bisnis, SNF Consulting