Beban Usaha Blue Bird
SAPA#0792: Kinerja keuangam Blue Bird menurun karena terdisrupsi atau tersubstitusi taksi online? Kelebihan taksi online yaitu bisa dipesan melalui aplikasi juga sudah dimiliki blue bird. Hargalah yang kini masih menjadi pembeda. Tarip supermurah taksi online terjadi karena efisiensi? Tidak! Biaya langsung bisnis taksi (setara HPP dalam bisnis non jasa) sudah mengabiskan 73% omzet. Tarip supermurah terjadi karena faktor lain. Yang paling dominan adalah pebisnis perorangan taksi online tidak memperhitungkan biaya langsung terutama yang non kas dan adanya subsidi dari perusahaan penyedia aplikasi. Yang seperti ini tentu tidak akan bisa selamanya karena dalam jangka panjang bisnis adalah mencari pengembalian modal dan laba. Tantangan Blue Bird adalah bertahan saat masa kerugian tarip supermurah itu masih bisa ditanggung oleh pelaku bisnis taksi online. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Beban Usaha Blue Bird

DITULIS USER

Manajemen
ngopiTURIAL 03 Sep 2017 WIB

Taksi online masuk ke pasar dengan harga super murah. Harga bisa diskon hingga lebih dari 50% Blue Bird. Banyak yang menyangka itu terjadi karena efisiensi. Berkaca dari data Blue Bird. 73% pendapatan terpakai untuk biaya langsung (gaji pengemudi, bahan bakar, depresiasi kendaraan, perawatan, perijinan armada) menyisakan laba kotor 27%. Belum lagi beban usaha yang 14%. Artinya, diskon 50% bukan karena efisiensi, tetapi karena biaya langsung yang tidak diperhitungkan oleh para pemilik taksi online perorangan dan/atau subsidi perusahaan aplikasi.

Penulis : Manajemen

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.