“ Satukan Tekad Sukses USBN Dan UNBK Di Wilayah Utara”

“ Satukan Tekad Sukses USBN Dan UNBK Di Wilayah Utara”

DITULIS USER

smp pgri626
Pendidikan 15 Mar 2018 WIB

“ Satukan Tekad Sukses USBN Dan UNBK Di Wilayah Utara”

Proktor merupakan sebuah peran dan tugas baru yang muncuk setelah UN menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau UNBK. Peran seorang proktor memang belum ada pada sistem ujian berbasis kertas. Dalam pengertian sederahana Proktor adalah orang atau pihak yang ditunjuk dan ditugaskan untuk bertanggungjawab mengendalikan sever di sebuah sekolah. Seperti yang diketahui bahwa UNBK sebenarnya menggunakan sistem semi online. Jadi sekolah harus mengunduh terlebih dan melakukan sinkronisasi semua data dari pusat terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam server sekolah. Sekolah pelaksana UNBK harus mempunyai seorang tenaga ahli untuk memasukkan semua data dari pusat ke dalam server, dan orang tersebutlah yang dinamakan dengan Proktor. Ketika hari pelaksanaan UNBK tiba, seorang proktor juga berwenang meminta token dari pihak pusat supaya dapat membuka semua soal yang terdapat di setiap sekolah. Orang yang bertugas sebagai proktor tersebut selanjutnya mempunyai tugas penting untuk menjaga server dari jaringan client di dalam ruangan yang menjadi tempat pelaksanaan ujian agar tetap terkoneksi dengan baik. Dalam sistem UN secara manuai, hanya akan dijaga oleh dua orang pengawas saja. Hal ini berbeda dalam UNBK yang nantinya akan dijaga oleh tiga orang pihak sekaligus, yaitu  satu orang proktor, satu pengawas, dan satu teknisi komputer. Selain itu, ia juga harus mampu memperbaiki berbagai persoalan teknis jaringan yang bisa saja dihadapi dalam pelaksanaan UNBK. Misalnya saja tidak bisa login ke sistem, soal yang tidak tampil dan berbagai masalah teknis lainnya. Ketika ujian sudah selesai dilaksanakan bukan berarti tugas proktor lantas usai. Seorang proktor juga harus mengunggah jawaban peserta didik ke server pusat. Supaya data jawaban UN bisa masuk ke server pusat. Tugas dan peran proktor dalam pelaksanakan UNBK memang sangat penting. Ia harus bertanggungjawab secara teknis mengenai pelaksanaan un di sebuah sekolah mulai dari tahap persiapan sampai dengan pengiriman jawaban UN ke server pusat.

Dalam Rangka Menyiapkan USBN Dan UNBK Tahun Pelajaran 2017 – 2018  Musyawarah Kerja Kelompok Kepala Sekolah ( MKKS ) SMP Swasta Surabaya Utara Pada Hari Kamis 15/3/2018  mengadakan Pelatihan untuk Proktor yang diadakan di SMP YP 17 Surabaya Jl. Randu Nomor 17 Surabaya  Dalam sambutannya Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Ibu HJ Ida Ambarini , S.Pd , M. M  Menyampaikan agar Proktor USBN Dan UNBK Di Wilayah Surabaya Utara Untuk saling Bertukar informasi jika ada masalah di USBN Maupun UNBK Nanti , Ibu HJ Ida Ambarini , S.Pd , M. M Yang juga Kepala SMP UNESA 1 Surabaya berharap agar para Proktor menjaga Kesehatannya dan betul betul mempelajarai TUPOKSI Dari Proktor serta JUKNIS USBN Maupun UNBK Yang di Keluarkan oleh BSNP Maupun di keluarkan Oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya . Dalam Kesempatan tersebut  Hadir di Acara Tersebut Kordinator Pengawas Wilayah Surabaya Utara  Bapak Drs. H Dwi Joko Muharijanto , M. M Dan Pengawas Pembina Wilayah Surabaya Utara Bapak  Drs.  Aris Zainuddin , M. M . Bapak Drs. H Dwi Joko Muharijanto , M. M Dan Pengawas Pembina Wilayah Surabaya Utara Bapak  Drs.  Aris Zainuddin , M. M  sangat Mengapresiasi Kegiatan yang diadakan oleh MKKS SMP Swasta Surabaya Utara  dalam rangka Menyiapkan USBN Dan UNBK Tahun 2018 , Serta Beliau mengharapkan agar selalu memantau Web https://ubk.kemdikbud.go.id/admin  tentang Jadwal Sycronisasi Gladi Bersih , Mengingat Pelaksanaan Gladi Bersih UNBK Tanggal 19-20 Maret 2019 , Untuk UNBK  Dan jadwal Sycron USBN. Bapak Drs. H Dwi Joko Muharijanto , M. M Dan Pengawas Pembina Wilayah Surabaya Utara Bapak  Drs.  Aris Zainuddin , M. M Meminta Kepada Proktor UNBK Untuk Menjalankan Tugasnya dengan sebaik – baiknya sesuai Dengan Juknis, Beliau Berharap agar Pelaksanaan USBN Dan UNBK Tahun 2018 SMP Swasta Surabaya Utara Berjalan Lancar tanpa Kendala dan seluruh siswanya Mendapatkan Nilai Terbaik serta Dapat Masuk Ke SMA / SMK Negeri Favorit.

 

Penulis : smp pgri626

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.