“ Penumbuhan Karakter Di Hari Lahan Basah “

“ Penumbuhan Karakter Di Hari Lahan Basah “

DITULIS USER

smp pgri626
Pendidikan 03 Feb 2018 WIB

“ Penumbuhan Karakter Di Hari Lahan Basah “

 

 

Lahan basah atau wetland (Ingg.) adalah wilayah-wilayah di mana tanahnya jenuh dengan air, baik bersifat permanen (menetap) atau musiman. Wilayah-wilayah itu sebagian atau seluruhnya kadang-kadang tergenangi oleh lapisan air yang dangkal. Digolongkan ke dalam lahan basah ini, di antaranya, adalah rawa-rawa (termasuk rawa bakau), paya, dan gambut. Air yang menggenangi lahan basah dapat tergolong ke dalam air tawar, payau atau asin. Lahan basah merupakan wilayah yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan ekosistem. Di atas lahan basah tumbuh berbagai macam tipe vegetasi (masyarakat tetumbuhan), seperti hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau, paya rumput dan lain-lain. Margasatwa penghuni lahan basah juga tidak kalah beragamnya, mulai dari yang khas lahan basah seperti buaya, kura-kura, biawak, ular, aneka jenis kodok, dan pelbagai macam ikan; hingga ke ratusan jenis burungdan mamalia, termasuk pula harimau dan gajah. Pada sisi yang lain, banyak kawasan lahan basah yang merupakan lahan yang subur, sehingga kerap dibuka, dikeringkan dan dikonversi menjadi lahan-lahan pertanian. Baik sebagai lahan persawahan, lokasi pertambakan, maupun—di Indonesia—sebagai wilayah transmigrasi. Mengingat nilainya yang tinggi itu, di banyak negara lahan-lahan basah ini diawasi dengan ketat penggunaannya serta dimasukkan ke dalam program-program konservasi dan rancangan pelestarian keanekaragaman hayati semisal Biodiversity Action Plan.
SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 KelurahanWonokusumo Kecamatan Semampir Kota Surabaya , Pada Hari Sabtu 3/2/2018 , Memperingati hari lahan basah yang jatuh pada Tanggal 2 /2/2018 , Dimana spegrinam Surabaya ini dalam rangka Memperingati hari Lahan Basah mengadakan kegiatan kerja bakti bersih lingkungan ada Yang Menyapu Halaman , Ada Yang Menyapu musholah , Ada Yang membersihkan toilet , Ada Yang Mencari dan Menata gelas Aqua . Menurut Banu Atmoko, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati Hari lahan basah yang Jatuh Pada Tanggal 2 Februari, Disamping Itu Juga Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Seluruh Sisw / Siswi Spegrinam Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS “Surabaya Untuk Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

Penulis : smp pgri626

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.