Kemenpar Sabet Award Keren: Kementerian Terpopuler di Media Massa
Pas sudah! Jerih payah membuahkan hasil. Apa itu? Kementerian Pariwisata memperoleh apresiasi atas jerih payah memopulerkan pariwisata hingga mendunia seperti sekarang.
Penghargaan untuk Kemenpar itu datang dari perusahaan Public Relations (PR). Penghargaan diberikan atas performen Kemenpar di media massa pada 2017.
Penghargaan PR INDONESIA Awards 2018 ini diberikan untuk kategori Kementerian Terpopuler di Media Massa 2017, serta kategori Media Internal Cetak untuk Majalah Ragam Pesona dan E-Magazine.
Penghargaan diterima Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar, Guntur Sakti, pada acara Malam Penghargaan PR INDONESIA Awards (PRIA) 2018 yang berlangsung di Jalan Tunjungan Surabaya.
Even PR INDONESIA Awards (PRIA) 2018 terbagi dalam 9 kategori yang dilombakan yakni: Owned Media, Kanal Digital, Program PR, Program CSR, Penanganan Krisis, Manual (pedoman) Tata Kelola Kehumasan, Departemen PR, Laporan Tahunan, hingga Terpopuler di Media.
Seluruh kategori dalam penetapan sebagai terbaik menggunakan penilaian berbasis penjurian. Dewan Juri terdiri dari para pakar PR dan CSR, konsultan/agensi PR, tokoh asosiasi/organisasi PR, jurnalis dan fotografer senior, pakar desain dan branding, dan pakar media sosial.
Advertisement
Untuk melengkapi beberapa kategori yang berbasis penjurian, PR INDONESIA bekerjasama dengan perusahaan media monitoring menghadirkan kategori Terpopuler di Media yang berbasis jumlah eksposur pada 174 media cetak mainstream di Indonesia.
Khusus untuk menentukan pemenang kategori Terpopuler di Media, PR INDONESIA bekerjasama dengan PT ISENTIA, melakukan monitoring pemberitaan pada 20 koran nasional, 40 koran daerah dan 110 majalah mainstream di Indonesia. Data dihimpun periode 1Januari–31Desember 2017.
Kementerian Pariwisata tahun lalu meraih penghargaan sebagai pemenang utama PR Indonesia Awards 2017 untuk kategori Media Relation, subkategori Kementerian. Penghargaan diberikan dalam acara Malam Penghargaan PR INDONESIA Awards 2017 yang berlangsung di Bali pada 22-24 Maret 2017.
Menurut Menteri Pariwisata, awards yang diperoleh akan mendongkrak level 3C. Confidence atau rasa percaya diri internal, credible atau semakin dipercaya orang eksternal, dan calibration dalam mendekatkan pada standar global.
Tahun 2018 hingga saat ini di tingkat internasional sudah diperoleh 21 award, yang terakhir di event ITB Berlin beberapa waktu lalu.
Rangkaian PR INDONESIA Awards 2018 didahului dengan kegiatan konferensi dan workshop. Diikuti sekitar 200 praktisi kehumasan/PP.
Rangkaian dilanjutkan dengan acara awarding session yang dihadiri 500 tamu undangan dari kalangan CEO korporasi, CEO wilayah, serta praktisi PR-ing. (*)
Advertisement