KAI Daop 9 Catat 107 Ribu Orang Berpergian Menggunakan KA Selama Libur Iduladha dan Cuti Bersama
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mencatat sebanyak 53.872 penumpang melakukan perjalanan menggunakan kereta api selama libur Hari Raya Idul Adha dan cuti bersama. Mereka berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 9 Jember selama lima hari libur sejak 5 Juni 2025 resmi memasuki hari terakhir. Untuk penumpang yang tiba mencapai 53.137 penumpang.
Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, mengatakan, lonjakan jumlah penumpang ini melampaui proyeksi awal. Dia menyebut ini menjadi sinyal kuat semakin besarnya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi berbasis rel, khususnya untuk perjalanan jarak menengah dan jauh saat libur panjang.
"Momentum libur Iduladha kali ini diwarnai oleh pergerakan masyarakat yang tinggi, namun tetap tertib dan lancar," jelasnya, Senin, 9 Juni 2025.
Cahyo mengatakan, hingga Senin pagi arus penumpang terpantau merata di berbagai perjalanan. Khususnya menuju kota-kota besar seperti Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Beberapa kereta seperti KA Probowangi, Sritanjung, dan Blambangan Ekspres bahkan tercatat sudah penuh sejak hari Minggu malam.
Berdasarkan data, pada hari terakhir libur Iduladha, sejumlah 11.603 penumpang berangkat dari wilayah Daop Jember dan dimungkinkan akan terus bertambah mengingat masih terdapat perjalanan kereta api hingga malam hari.
Cahyo menambahkan, kapasitas kursi yang disediakan selama periode libur mencapai 40.750 tempat duduk. Namun dengan tingginya sirkulasi penumpang naik-turun di berbagai stasiun antara, jumlah tiket yang terjual menembus angka 53 ribu.
Sepanjang periode libur 5–9 Juni 2025, KAI Daop 9 Jember mencatat tingkat ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan (On Time Performance) di atas 98%. Seluruh perjalanan KA di wilayah Daop 9, menurutnya, berjalan lancar tanpa gangguan operasional berarti. Cahyo menekankan, keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja sama yang solid di lapangan.
“Kami menempatkan petugas tambahan di sepanjang jalur-jalur rawan. Koordinasi intensif juga dilakukan bersama pihak-pihak terkait untuk memastikan pelayanan dan keamanan tetap terjaga optimal,” katanya.
Peningkatan fasilitas dan kebersihan, baik di stasiun maupun di dalam kereta turut mendapatkan respon positif dari pelanggan. Area seperti ruang tunggu, boarding gate, serta fasilitas toilet mendapat perhatian khusus untuk menghadapi lonjakan volume penumpang.
Di penghujung masa liburan, PT KAI Daop 9 Jember kembali mengingatkan para penumpang arus balik untuk hadir minimal 30 menit sebelum keberangkatan untuk kenyamanan proses boarding; mengawasi barang bawaan dan tidak menaruhnya sembarangan; dan tetap mengikuti petunjuk petugas demi kelancaran perjalanan.
“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang diberikan. Komitmen kami adalah untuk terus meningkatkan pelayanan yang aman, nyaman, dan andal bagi masyarakat, tak hanya selama masa libur, tetapi juga dalam pelayanan harian ke depan,” ujarnya.
Advertisement