Bimtek Promosi Digital Pariwisata Sidoarjo – Dorong UMKM dan Destinasi Lokal Go Online
Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Haryo Soekartono (BHS), bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Dinas Pariwisata Sidoarjo, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Promosi Digital Pariwisata bagi ratusan pelaku usaha pariwisata dan UMKM. Kegiatan berlangsung di Luminor Hotel Sidoarjo, Kamis, 8 Mei 2025.
Maksimalkan Potensi Wisata Digital di Sidoarjo
BHS menyoroti kekayaan alam dan budaya Indonesia, termasuk destinasi wisata Sidoarjo, yang belum termaksimalkan secara digital.
2.500+ destinasi alam
1.200+ suku bangsa
“Dengan strategi promosi digital yang tepat, potensi Sidoarjo bisa bersaing global,” ujar BHS dalam sesi paparan.
Perbandingan Kunjungan Wisatawan Mancanegara
Indonesia mencatat 12–16 juta wisman per tahun, masih jauh di bawah Prancis (200 juta). Menurut BHS, optimalisasi digital marketing akan meningkatkan visibilitas dan kunjungan.
Satu Desa – Satu Kampanye Wisata
Kepala Dinas Pariwisata Sidoarjo, Yudhi Iriyanto, menyampaikan program Satu Desa Satu Kampanye Wisata:
Anak muda jadi juru kampanye digital potensi desa
Dorong ekonomi lokal melalui UMKM dan pariwisata desa
Kolaborasi Pusat–Daerah dan Transformasi Digital
Bimtek ini membekali peserta dengan:
Teknik pemasaran media sosial (Instagram, TikTok, Facebook)
Optimasi website dan SEO lokal
Pengelolaan marketplace untuk paket wisata dan souvenir
Analisis data pengunjung menggunakan tools digital
Dengan sinergi Kemenparekraf, DPR, dan Pemkab Sidoarjo, diharapkan pariwisata Sidoarjo berkembang pesat, menarik lebih banyak wisatawan domestik & mancanegara, serta memperkuat UMKM lokal.
Advertisement