6 Hal Penting Kitab Ta'lim Shibyan, Satu Abad Haul Syaikhona Kholil Bangkalan
Kitab Fikih Syaikhona Kholil, Ta'lim Shibyan "تعليم الصبيان" menjadi catatan penting dalam Seminar dan Pembahasan kitab karya Syaikhona Muhammad Kholil al-Bankalany. Dalam serangkaian kegiatan Satu Abad Haul Syaikhona Muhammad Kholil digelar di kompkeks masjid tokoh yang menjadi guru para ulama pesantren di Nusantara itu, pada Jumat 11 April 2025.
Berikut 6 hal penting terkait Kitab Ta’lim Shibyan karya Syaikhona Muhammad Kholil catatan KH M. Ma’ruf Khozin, Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur:
Alhamdulillah saya menikmati betul kitab karya Syaikhona Kholil saat dibaca oleh para kiai, baik oleh Rais Am, KH Miftahul Akhyar dan lainnya. Entah mengapa tiap butir kalimat selalu muncul di otak saya "Oh ini di kitab ini. Yang ini di kitab itu." Dan seterusnya.
Saya yakin Syaikhona Kholil sudah mengamalkan ilmu Fikih Mazhab Syafi'i sejak beliau nyantri di beberapa pesantren. Keyakinan saya lebih kuat saat beliau melanjutkan ke Mekah dan berjumpa dengan ulama besar lainnya di masa itu saat bernama Hijaz, sebelum berganti Saudi.
Saya ingin berbagi sedikit catatan dari kitab Syaikhona Kholil yang cukup berpengaruh pada pilihan kita dalam bermazhab. Meski kitab ini dari segi judulnya adalah "Pengajaran Untuk Anak-anak", tapi di dalamnya dipilih dari sekian hadis dan ijtihad ulama:
1. Bacaan Wa-bihamdihi
Saat rukuk dan sujud kebiasaan kita membaca Tasbih yang ada redaksi wa bihamdihi. Redaksi ini baru dijumpai di kitab-kitab yang agak besar seperti Fathul Mu'in. Sementara hadis yang populer dalam Sahih Muslim tidak ada tambahan tersebut. Akan tetapi boleh membaca wa bihamdihi berdasarkan beberapa hadis yang ditakhrij oleh Syekh Syaukani;
وأما زيادة وبحمده فهي عند أبي داود من حديث عقبة الآتي وعند الدارقطني من حديث ابن مسعود الآتي أيضا . وعنده أيضا من حديث حذيفة . وعند أحمد والطبراني من حديث أبي مالك الأشعري وعند الحاكم من حديث أبي جحيفة
Penambahan “Wa bi hamdihi” diriwayatkan oleh Abu Dawud, Daruquthni, Ahmad, Thabrani dan al-Hakim (Nail Authar,1/ 273)
2. Tangan saat Takbiratul Ihram
Dari dulu praktek salat di kalangan pesantren saat Takbiratul Ihram adalah mengangkat tangan hingga mendekati telinga. Setelah ngaji kitab-kitab hadis rupanya yang dipilih oleh Ulama Syafi'iyah termasuk Syaikhona Kholil adalah hadis berikut:
ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺎﺫﻱ ﺑﻬﻤﺎ ﻓﺮﻭﻉ ﺃﺫﻧﻴﻪ.
"Hingga tangan Nabi lurus ke anak telinga" (HR Muslim)
3. Sayidina saat Tasyahud
Teknis bacaan Salawat saat Tasyahud banyak dijelaskan di kitab-kitab induk Mazhab Syafi'i menggunakan Salawat Ibrahimiyah. Kebanyakan tidak memakai Sayidina. Namun, Syaikhona Kholil di kitab ini mencantumkan redaksi Sayidina Muhammad. Di kalangan Mazhab Syafi'i penambahan kalimat Sayidina populer di masa akhir oleh para ulama yang hidup semasa atau tidak jauh dari Syaikhona Kholil, seperti dalam kitab Syarwani, Bujairimi, Hasyiyah Bajuri dan sebagainya:
ﻭاﻷﻓﻀﻞ اﻹﺗﻴﺎﻥ ﺑﻠﻔﻆ اﻟﺴﻴﺎﺩﺓ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ اﺑﻦ ﻇﻬﻴﺮﺓ ﻭﺻﺮﺡ ﺑﻪ ﺟﻤﻊ ﻭﺑﻪ ﺃﻓﺘﻰ اﻟﺸﺎﺭﺡ ﻷﻥ ﻓﻴﻪ اﻹﺗﻴﺎﻥ ﺑﻤﺎ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﺑﻪ ﻭﺯﻳﺎﺩﺓ اﻹﺧﺒﺎﺭ ﺑﺎﻟﻮاﻗﻊ اﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﺩﺏ ﻓﻬﻮ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺗﺮﻛﻪ ﻭﺇﻥ ﺗﺮﺩﺩ ﻓﻲ ﺃﻓﻀﻠﻴﺘﻪ اﻹﺳﻨﻮﻱ، ﻭﺃﻣﺎ ﺣﺪﻳﺚ «ﻻ ﺗﺴﻴﺪﻭﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ» ﻓﺒﺎﻃﻞ ﻻ ﺃﺻﻞ ﻟﻪ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺑﻌﺾ ﻣﺘﺄﺧﺮﻱ اﻟﺤﻔﺎﻅ ﻭﻗﻮﻝ اﻟﻄﻮﺳﻲ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﺒﻄﻠﺔ ﻏﻠﻂ ﺷﺮﺡ ﻣ ﺭ اﻩـ ﺳﻢ ﻋﺒﺎﺭﺓ ﺷﺮﺡ ﺑﺎﻓﻀﻞ ﻭﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺰﻳﺎﺩﺓ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻗﺒﻞ ﻣﺤﻤﺪ اﻩـ ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻤﻐﻨﻲ ﻇﺎﻫﺮ ﻛﻼﻣﻬﻢ اﻋﺘﻤﺎﺩ ﻋﺪﻡ اﺳﺘﺤﺒﺎﺑﻬﺎ اﻩـ ﻭﺗﻘﺪﻡ ﻋﻦ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺃﻥ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻃﻠﺐ ﺯﻳﺎﺩﺓ اﻟﺴﻴﺎﺩﺓ ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ اﻟﻜﺮﺩﻱ ﻭاﻋﺘﻤﺪ اﻟﻨﻬﺎﻳﺔ اﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﺫﻟﻚ ﻭﻛﺬﻟﻚ اﻋﺘﻤﺪﻩ اﻟﺰﻳﺎﺩﻱ ﻭاﻟﺤﻠﺒﻲ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻭﻓﻲ اﻹﻳﻌﺎﺏ اﻷﻭﻟﻰ ﺳﻠﻮﻙ اﻷﺩﺏ ﺃﻱ ﻓﻴﺄﺗﻲ ﺑﺴﻴﺪﻧﺎ ﻭﻫﻮ ﻣﺘﺠﻪ اﻩـ. ﻗﺎﻝ ﻋ ﺷ ﻗﻮﻟﻪ ﻣ ﺭ
4. Bacaan Niat Ushalli
Di Bab Salat, Syaikhona Kholil hanya mencantumkan kewajiban niat sebelum Salat. Redaksinya beliau letakkan di Bab Salat Musafir Halaman 10. Yaitu:
أصلي فرض الصبح ركعتين لله تعالى
Mengapa redaksinya seperti itu? Bagi yang pernah ngaji Asybah wa Nazhair akan mengerti. Berikut penjelasan Al Hafizh As-Suyuthi:
اﻷﻣﺮ اﻟﺜﺎﻟﺚ: ﻣﻤﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺷﺮﻋﺖ اﻟﻨﻴﺔ ﻷﺟﻠﻪ. ﻭﻫﻮ اﻟﺘﻤﻴﻴﺰ اﺷﺘﺮاﻁ اﻟﺘﻌﺮﺽ ﻟﻠﻔﺮﺿﻴﺔ ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻮﺑﻬﺎ ﻓﻲ اﻟﻮﺿﻮء، ﻭاﻟﻐﺴﻞ، ﻭاﻟﺼﻼﺓ، ﻭاﻟﺰﻛﺎﺓ، ﻭاﻟﺼﻮﻡ
5. Bacaan Niat Puasa (Hal.15)
Redaksi yang beliau kutip adalah dari kitab Fathul Mu'in. Tertulis redaksi Ramadan dibaca Kasrah karena idhafah, jadi Ramadhani. Sementara kebanyakan Umat Islam terlanjur ikut-ikutan baca Ramadhana. Berikut tulisan beliau:
نويت صوم غد عن أداء فرض رمضانِ هذه السنة لله تعالى
6. Doa Antara Tarawih
Ada doa bagus yang beliau selipkan di antara 2 rakaat Tarawih. Pingin tahu ya beli kitabnya.
7. Surat dalam Salat Tarawih
Lazimnya surat-surat pendek yang dibaca saat Tarawih juga dijelaskan oleh Syaikhona Kholil. Setahu saya dulu adalah bacaan ulama Mesir:
تَكْرِيْرِ سُورَةِ الْإِخْلَاصِ بَعْدَ كُلِّ سُوْرَةٍ مِنْ التَّكَاثُرِ إلَى الْمَسَدِ كَمَا اعْتَادَهُ غَالِبُ الْأَئِمَّةِ بِمِصْرَ اهـ بِرْمَاوِيٌّ
“...mengulang surat al-Ikhlas setelah surat at-Takatsur sampai al-Lahab, sebagaimana yang biasa dilakukan kebanyakan imam di Mesir (Hasyiah al-Jamal 4/325)
Tapi rupanya pentahkik kitab Syaikhona memperjelas bahwa bacaan surat-surat pendek dulunya juga diamalkan di Mekah. Penjelasannya ada di kitab Ianah Ath-Thalibin 3/511:
ﻭاﻟﺤﺎﺻﻞ اﻟﺬﻱ ﻳﻈﻬﺮ ﻣﻦ ﻛﻼﻣﻬﻢ ﺃﻥ اﻟﻮاﺭﺩ ﻗﺮاءﺓ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﻠﻪ ﺑﺎﻟﺘﺠﺰﺋﺔ اﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺔ، ﻓﻬﻮ اﻷﻭﻟﻰ ﻭاﻷﻓﻀﻞ، ﻭﺃﻥ ﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﺧﻼﻑ اﻷﻭﻟﻰ ﻭاﻷﻓﻀﻞ، ﺳﻮاء ﻗﺮﺃ ﺳﻮﺭﺓ اﻹﺧﻼﺹ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ، ﻓﻲ ﻛﻞ اﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺑﻌﻀﻬﺎ، اﻷﺧﻴﺮ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻭ اﻷﻭﻝ، ﻭﺳﻮاء ﻛﺮﺭﻫﺎ ﺛﻼﺙ ﺃﻭ ﻻ. ﻓﻤﺎ ﻳﻌﺘﺎﺩﻩ ﺃﻫﻞ ﻣﻜﺔ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﻗﻞ ﻫﻮ اﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ ﻓﻲ اﻟﺮﻛﻌﺎﺕ اﻷﺧﻴﺮﺓ، ﻭﻗﺮاءﺓ ﺃﻟﻬﺎﻛﻢ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺴﺪ ﻓﻲ اﻟﺮﻛﻌﺎﺕ اﻷﻭﻝ، ﺧﻼﻑ اﻷﻓﻀﻞ.
نفعنا الله بعلوم شيخنا خليل وأفاض علينا من بركاته

Advertisement