Muryani, Anggota Pasukan Kuning yang Berhasil Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Feature

Sabtu, 03 Maret 2018 01:01 WIB

Meski pendidikannya hanya lulusan SD, Muryani anggota pasukan kuning di Wlingi Kota Blitar Jawa Timur berhasil menciptakan alat sederhana pengolahan sampah plastik.

Sepuluh kursi plastik itu tertata rapi berhadap-hadapan dengan tiga meja yang ditata memanjang. Di atas meja terdapat beberapa makanan kecil gorengan berdampingan dengan beberapa gelas air mineral. Meja, kursi ditambah dengan aneka jajan itu menandakan, si empunya tempat akan kedatangan tamu.

Tempatnya di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Kelurahan Wlingi Kota Blitar, Jawa Timur. Meski tempat ini adalah tempat pengelolaan sampah, jangan bayangkan akan muncul bau sampah atau lalat yang berterbangan. Tempat ini bersih. Tak ada bau nyengat atau lalat yang berterbangan saat dikunjungi.

Si empunya tempat, Muryani membenarkan jika dia habis kedatangan tamu. “Tadi habis ada tamu dari Pemerintah Daerah Denpasar,” kaya Muryani beberapa waktu lalu.

Muryani memang pantas dikunjungi. Pasalnya, dia punya inovasi menciptakan alat yang bisa mengurangi sampah plastik. Tak hanya bisa mengurangi sampah plastik, alat ini juga bisa menghasilkan cairan yang mirip dengan bensin solar dan minyak tanah. Alat ini dinamakan Destilator Sampah Plastik.

Tim Editor

Amir Tejo

Reporter

Publisher belum ada

Berita Terkait

Kamis, 10 November 2022 21:38

Ikhtiar Pemkot Surabaya Perangi Kemiskinan Lewat Padat Karya

Senin, 24 Oktober 2022 07:57

“Saya Mengawal 5.000 Bal Tembakau ke Jerman Naik Kapal”

Minggu, 23 Oktober 2022 16:30

Tragedi Kanjuruhan, Babak Baru Sepak Bola Nasional

Jumat, 21 Oktober 2022 10:05

Diperlukan Rasa Cinta untuk Mengolah Tembakau Besuki

Bagikan Berita :