Perkenalkan: MR. STRIKE

Perkenalkan: MR. STRIKE

DITULIS USER

Penyair-Amatir
ngopiOPINI 01 Feb 2017 WIB

Saya memang suka cerita detektif. Namun, saya harus jujur, jika intensitas membaca genre ini tidaklah sering. Serlock Holmes, mungkin nama itu yang muncul di kepala bila mendengar kata detektif. Selanjutnya, buatan Jepang, yakni Sinichi Kudo alias Conan Edogawa. Yang kedua, baik novel maupun filmnya lebih sering mengikutinya. Tapi, secara garis besar, dua tokoh itulah yang berdesakan di kepala jika mendengar istilah 'detektif'.

Cormoran Strike, detektif swasta yang baru saja kuikuti kisahnya. Istimewanya, ini buku pertama mengenai lahirnya sang detektif. Kendati demikian, saya langsung jatuh cinta pada Mr. Strike.

Penulis cerita detektif ini, yakni Robert Galbraith. Nama bekennya, JK Rowling. Yupi, pencipta pemuda penunggang sapu (baca: hary potter). Tentu saja, bagi penggemar JK Rowling,  membaca THE CUCKOO'S CALLING adalah keharusan. Sebab kualitas jempolan si penulis. Tapi, saya tidak memulia pembacaan novel itu dari situ. Saya tahu Hary Potter. Tapi tak sekalipun membaca novelnya. Okelah, sekali saya lihat filmya di bioskop. Itupun juga karena diajak oleh kolega tercinta. Jadi, pembacaan saya murni karena ini genre detektif. begitu saja.

Penerbit   : Gramedia Pustaka
Edisi           : Soft Cover
ISBN           : 6020300625
ISBN-13     : 9786020300627
Bahasa       : Indonesia
Tgl Terbit  : 21-12-2013
Jml Hlm   : 520 hal, ukuran 23 cm


DEKAT BURUNG KUKUK
Begitulah judul novelnya dalam bahasa Indonesia. Di cover depan, tertulis kecil di bawah judul utama THE CUCKOO'S CALLING. Alih bahasa oleh Siska Yuanita, yang telah merenyahkan bahasa dalam bahasa Indonesia. Sementara penyair Aan Mansyur, mengalihbahasakan penggalan kutipan di awal bagian bab.

Cormoran Strike, veteran perang, yang pensiun karena salah satu kakinya (lutut ke bawah) hancur kena bom. menggunakan kaki palsu untuk aktivitas keseharian. Berambut jembut. Bertubuh besar. Kerap menerima suarat ancaman pembunuhan, karena hutangnya yang menumpuk.

Robin Ellacot, pegawai temporer, di kantor Strike. Perempuan seksi, berumur dua puluhan, yang baru saja pindah ke London dan tinggal bersama tunangannya. Pekerjaan pertamanya, penyalur tenaga kerja sementara (temporary solution).

Perjumpaan Strike dan Robin, di kantornya, adalah salah satu alasan saya semangat melahap lembar-demi lembar buku.

Di tengah kebangkrutan yang melanda Strike, kerjasama Strike dan Robin, diuji untuk menuntaskan misteri pembunuhan yang menimpa, Lula landry, supermodel yang lagi naik daun. Menurut investigasi polisi, dia terbunuh akibat bunuh diri. Setelah tiga bulan, sang kakak meminta jasa Strike. Tentu dengan iming-iming bayaran selangit, agar menyelidiki kemungkinan pembunuhan sang adik.

Tertarik? Segera baca bukunya. Tulisan ini tidak bertujuan untuk menginformasikan isi detail ceritanya. hehe

Penulis : Penyair-Amatir

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.