Merayakan UNBK dengan Senyum Paling Manis
Gambar: https://bangrian.files.wordpress.com/2015/03/siswa-sekolah-dasar-indonesia-mengajar.jpg

Merayakan UNBK dengan Senyum Paling Manis

DITULIS USER

Penyair-Amatir
ngopiOPINI 10 Apr 2017 WIB
Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional, EBTANAS. Ujian Akhir Nasional, UAN. Ujian Nasional, UNAS. Ujian Nasional, UN. Ujian Nasional Berbasis Komputer, UNBK.
 
Di sekolah, sebelum ujian akan ditatar dengan berbagai mata pelajaran. Diusahakan pula dengan meminjam istilah Prof. Ali Aziz, mengetuk pintu langit. Melalui doa. Orang tua tentu saja. Juga doa yang dimunajatkan lewat berjamaah (istighotsah) dan secara pribadi.
 
Di luar sekolah (kehidupan sebenarnya) ujian datang duluan. Dari ujian, lalu ada pelajaran. Ada hikmah. Tentu bagi yang berpikiran jernih. Begitu seterusnya. Maka dari itu, saya setuju dengan pernyataan kawan saya. Jika hidup adalah menghadapi serangkaian ujian.
 
Kalian, anak-anakku kelas XII, akan menjelang UNBK. Apapun model dan aturannya, ujian nasional tetaplah ujian nasional. Ada debar-debar. Ada gugup. Ada bayangan ini. Itu. Macam-macam.
 
Meski ujian kali ini tidak berpengaruh pada kelulusan, tetap saja bikin debar-debar. Hal yang wajar. Sebab dari hasil ujian, bagi sebagian orang, dianggap sebagai tolok ukur. Pintar tidaknya seseorang. Pemenang atau pecundang.
 
Anak-anakku, hal langka dan briliant yang harus dijadikan standar di ujian semacam ini yakni integritas akan kejujuran. Bangsa ini butuh integritas demikian. Bukan sekadar angka sempurna tapi menumbalkan kejujuran.
 
Sejauh kita sudah mengusahakan dengan maksimal, mari hadapi ujian dengan elegan. Percaya diri. Percaya diri untuk jujur pada diri sendiri.
Hidup tidak sekadar deretan angka-angka. Pemenang atau pecundang, tidak bisa diukur sepenuhnya dari situ. Tapi percayalah, jika kalian sudah berani jujur, bagaimanapun hasil akhirnya, kalian adalah pemenang.
 
Akhirnya, mari kita nikmati UNBK dengan senyum paling manis yang kalian punya. Ini yang ditunggu setelah digodok di ruang bernama kelas. Dengan guru-guru yang selalu menyadarkan kita tentang pentingnya banyak hal --yang terkadang kerap tidak kita gubris--.
 
SELAMAT MERAYAKAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER. KEBERHASILAN SELANGKAH LAGI. RAIHLAH DENGAN ELEGAN.
BERINTEGRITAS DAN JUJUR. Tentu saja.
__
Penyair Amatir
22.26
Sehari menjelang UNBK

 

 

Penulis : Penyair-Amatir

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.