Kasdim Bojonegoro Mengikuti Upacara Hardiknas Tahun 2019

03 May 2019 16:52   ngopiBEBAS
Kasdim Bojonegoro Mengikuti Upacara Hardiknas Tahun 2019
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 di Alun-alun Bojonegoro

BOJONEGORO-PaksiMedia,-     Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Bojonegoro Mayor y Hairil Achmad turut menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019.

Upacara yang berlangsung di Alun-alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tersebut, dengan Inspektur Upacara (Irup) Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu'awanah, dan diikuti ribuan peserta dari TNI, Polri, ASN, para Guru, Mahasiswa dan pelajar tingkat SLTP dan SLTA diseputaran Kota Bojonegoro.

Dalam Pidatonya, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengajak kepada seluruh stakholder untuk merenungi dan meresapi peringatan Hardiknas yang pada kali ini mengusung tema 'Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan'

"Hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara Itu yang sepatutnya kita tiru dalam memajukan bangsa lewat pendidikan," ujarnya.

Pendidikan Karakter di lembaga pendidikan akan membentuk insan berakhlaq mulia ditengah-tengah masyarakat. Kualitas tenaga pendidik juga sangat berpengaruh bagi tumbuhnya kecakapan, keterampilan, leadership dan jiwa interpreunership pada peserta didik.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah mengatakan bahwa agar tekad dalam menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan seyogyanya disertai dengan hati yang ikhlas dan kerjas keras. Agar terjadi titik temu yang baik antara pendidikan dan kebudayaan.

"Hal itu sangatlah penting dijadikan pondasi dalam mendidik penerus bangsa. Untuk itu mari kita satukan tekad menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha keras yang tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan," tuturnya.

Pemerintah pusat dalam 4 tahun terakhir ini menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur. Setelah itu pemerintah pusat akan fokus dalam pembangunan yang mengarah pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Oleh sebab itu, perlu ada pemahaman secara komprehensif bahwa maju mundurnya pendidikan dan kebudayaan merupakan tanggung jawab bersama. Baik dari Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Orang tua dan masyarakat.

Apabila unsur-unsur tersebut berjalan sesuai dengan fungsi masing-masing, maka SDM yang berkualitas untuk kemajuan Negara Republik Indonesia dapat terwujud dengan baik.

Terlebih lagi dalam menghadapi Revolusi industri 4.0 harus memperhatikan kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa ini.

Di akhir sambutan, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para guru, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang telah memberikan inspirasi serta jalan terang anak bangsa ini agar terus meningkatkan pengetahuan.

"Tetap bersemangat, serta niatan tulus untuk memajukan pendidikan di Indonesia," pungkasnya.(*)