Nikmatnya makan bareng santri Ashfiyah surabaya

Nikmatnya makan bareng santri Ashfiyah surabaya

DITULIS USER

Muh. Khoirul anam
ngopiNEWS 05 Mar 2017 WIB
  1. Surabaya-Minggu(05-03-2017)Kebersamaan dalam kehidupan pesantren membuat persahabatan santri sangat erat dan terasa iklim kekeluargaannya antara mereka. Dengan persahabatan ini, nilai gotong royong yang hampir pudar di tengah menguatnya hedonisme, individualisme, dan egoisme, tetap tertanam begitu kuat di lingkungan pesantren.

Namun, tidak dapat dinafikan, karakter gotong royong di sebagian pesantren telah pudar karena penanaman “pendidikan” pesantren ashfiyah yang mayoritas santrinya dari luar Surabaya bahkan luar kota ujar abdul wahib selaku pengurus. Semua santri disini semuanya mandiri mulai dari nnuci, makan, belajar, dll. Mereka tidak malu walau pesantren ini berada di tengah-tengah kota yg di kelilingi gedung tinggi pakuwon Indah.karena kemandirian mereka dan kebersamaan santri ini masih melekat di pesantren pada umumnya.

Abu Hurairah meriwayatkan sabda Nabi, “Makanan untuk dua orang itu sebaiknya dapat dimakan untuk tiga orang, begitupun makanan untuk tiga orang sebaiknya dimakan untuk empat orang,” (HR. Bukhari). Ibnu Mundzir, seperti dikutip Badruddin al-‘Aini dalam Umdatul Qari, menyatakan bahwa makan bersama atau berayan itu sunah Nabi Saw.

Kesunahan makan bersama ini dilakukan secara rutin setiap santri. Biasanya, mereka makan di nampan secara bersama-sama. Bahkan, ada yang hanya menggunakan daun pisang yang digelar bagaikan karpet, ada juga yg menggunakan alas dengan buku sekolahnya yang tidak dipakai, karena semuanya itu tidak menghilangkan kenikmatan makan bersama.(Anam) 

Penulis : Muh. Khoirul anam

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.