Ringankan Beban Petani, Satgas Tmmd “pothek Jagung”

Ringankan Beban Petani, Satgas Tmmd “pothek Jagung”

DITULIS USER

maz djokowi
Ngopi BEBAS 26 Jul 2019 WIB

Tegal – Ratusan lahan jagung milik petani warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal memasuki masa panen. Jagung yang sudah memasuki masa unduh itu, terpaksa harus dipetik agar tidak rusak.

Setelah masa tanam selama hampir 2 bulan lebih, jagung hibrida tersebut sudah menua. Akan tetapi sebagain petani masih enggan memanen jagung karena terbentur mahalnya ongkos kuli panen saat ini. Dalam sehari, harga kuli panen yang bisa dibayarkan senilai Rp 85 ribu per orang. Niminal tersebut masih belum sampai apabila dikruskan dengan harga jual jagung yang sekitar Rp. 2.500 per Kg nya.

Ada juga ladang petani yang sengaja dibiarkan karena ongkos panen yang tidak setara dengan hasilnya. Maka dari itu, Satgas TMMD yang juga berkesemapatan hadir di tengah warga desa ikut membantu memanen jagung. Gratis tanpa dibayar sepserpun, Satgas TNI itu rel berpanansan untuk membantu petani.

Bukan tanpa sebab, alasan kedaulatan pangan yang bersumber dari hasil pertanian menjadi alasannya. Dengan ketahanan pangan yangb kuat aka negara akan tidak selalu ebrgantung pada negara lain. Kemandirian sebuah engara juya menjadi tanggung jawab bersama TBI dan rakyat untuk itu. Maka, perlunya membantu petani saat tanam menjadi agendanya.

“kita punya tugas lain yang tidak kalah penting yakni emnjaga ketahanan pangan. Kalau jagung tidak dipanen, maka jagung akan hancur. Kalau sumber panagan salah satunya jagung sedikit maka bagaimana ketahanan pangan NKRI, “ jelas Serda Mursidi. Jumat (26/7). (Pendim).

Penulis : maz djokowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.