Mariyem Angkut Jagung Panennya Lewati Jut

Mariyem Angkut Jagung Panennya Lewati Jut

DITULIS USER

maz djokowi
Ngopi BEBAS 26 Jul 2019 WIB

Tegal – Berkah yang didulang dari pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sudah mulai dirasakan oleh sebagain petani. Salah satunya Mariyem (45), warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal.

Sudah 2 pekan ini, dirinya memanen hasil sawahnya dengan cara menggendongnya. Sebab, jagung yang sudah dipetiknya sudah mulai menua. Terlaihat dirinya membawa jagung itu menyusuri JUT yang sedang dikerjakan oleh Satgas TMMD. Melihat nenek 3 cucu itu sedang keberatan karena muatan gendongannya penuh, Serda Mursidi membantun untuk mengangkatnya.
JUT yang semula hanya selebar pematang sawah itu kini berubah menjadi jalan pertanian yang diimpikan petani. Seharusnya, hasil panen sawah warga sudah bisa diangkut dengan ekndaraan roda 2 atau 4. Namun karena jalan masih tahap pembangunan , maka sebagain petani masih menggunakan cara lama.

Bukan jadi persoalan, akan tetapi Mariyem sudah mulai sedikit bernafas lega akan hal ini. Sebab, jalan yang diergunakannya untuk pulang dari memetik jagung sudah mulai dibenahi. Kebaikan yang ditebar oleg Satgas TMMD anampaknya tidak hanya melakon pembangunan fisik saja. Melainkan dalam bentuk banyak hal. Salah satunya dengan membantu mengangkut hasil panen petani berupa jagung.


“saya sudah biasa berjalan kalau sepulang dari sawah, mengangkat hasil panen jalan kaki sudah biasa, tapi alhamdulillah kini jalan sudah diperbaiki, “ katanya.

Diiketahui sebelumnya. ratusan lahan jagung milik petani warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Tegal memasuki masa panen. Jagung yang sudah memasuki masa unduh itu, terpaksa harus dipetik agar tidak rusak. Serda Mursidi nampak membantu mengangkat jagung usai dipanen. Meski hanya dengan digendong oleh Sarinah, namun jagung itu dalah hasil usahanya selama hampir 2 bulan lebih.

Bukan tanpa sebab, alasan kedaulatan pangan yang bersumber dari hasil pertanian menjadi alasannya. Dengan ketahanan pangan yangb kuat aka negara akan tidak selalu bergantung pada negara lain. Kemandirian sebuah negara juya menjadi tanggung jawab bersama TNI dan rakyat . Maka, perlunya membantu petani saat tanam menjadi agendanya. Jumat (26/7). (Pendim).

Penulis : maz djokowi

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.