Literasi politik generasi milenial

25 Apr 2018 13:33   Politik
Literasi politik generasi milenial
Untuk Indonesia yang lebih baik

Literasi politik penting kita siapkan bagi generasi milenial. Melalui media sosial internet kita ciptakan kebutuhan yang bersinggungan langsung dengan generasi milenial.

 

Mereka inilah adalah pelaku perubahan. Sehinggah menjadi  tanggungjawab bersama untuk Mencerdaskan mereka dalam berpolitik merupakan investasi yang berharga untuk perubahan di masa depan.

 

Bukan asal mereka langsung terjun bebas dalam kancah politik. Apalagi modal sosial yang berbanding terbalik dengan kecakapan serta kemampuan organisasi. Mungkin bagi sebagian mereka generasi milenial beranggapan, pengalaman organisasi tidak terlalu penting. Modal capital ( uang ) adalah penentu. Apalagi mereka dominan dan memiliki kemampuan ekonomi dari bisnis yang sangat mudah mereka jalankan dengan kemampuan digital.

 

Ada jarak yang terlampau jauh, dan sangat tidak berimbang. Untuk itulah literasi politik melalui organisasi pemuda, organisasi sayap partai dan oraganisasi kemahasiswaan harus berperan sinergi. Menyiapkan mereka, sehinggah siap dan bertarung dalam perhitungan yang matang. Politik itu seni memainkan peran. Tujuananya adalah mewujudkan idealisme. Bukan menang kalah, tetapi mencari jalan tengah ( win win solution ) untuk tujuan yang sama.

 

Literasi politik bagi mereka generasi milenial adalah keharusan. Bagi kita semua, untuk mempersiapkan mereka. Dengan bekal yang cukup dan wadah organisasi yang kuat, mandiri dan memiliki nilai juang.

 

Kita harus jeli, dan mencapai titik kolaborasi terpenting. Ya, media digital ( internet ). Menciptakan konektifitas yang baik dari ghiroh perjuangan organisasi dan kemajuan teknologi. Kita ciptakan sesuai kebutuhan mereka. Dengan kemudahan akses dan sistem kaderisasi memalui platform yang terintegrasi. Sudah waktunya kita ikuti perkembangan zaman. Kalau tidak mau menjadi mitos purbakala.

 

Mari kita berbuat, bagi kepentingan yang jauh lebih besar lebih bervisi bagi cita-cita Negara Indonesia. Untuk Indonesia yang lebih baik.

 

The end