Indonesia Go Society 5.0

11 Mar 2019 18:27   Internasional
Indonesia Go Society 5.0
Society 5.0, Indonesia Go Society 5.0, SDGs, Ekosistem Global, Untuk Indonesia yang lebih Baik

 

"Society 5.0 is not something to come, but something to co-create"

 

Menguatkan kembali posisi Negara Indonesia, dalam ekosistem Global. Secara jelas Negara Indonesia konsisten untuk menjalankan amanat konstitusi Negara, yaitu Undang-undang Dasar (UUD) 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diantaranya Ikut dalam perdamaian Dunia, dan terlibat langsung dalam Politik Luar Negari Bebas Aktif.

 

Dalam pergaulan ekosistem global, negara Indonesia merupakan tujuan utama isu sekaligus implementasi dan fokus negara - negara di dunia untuk bersama-sama menjaga stabilitas dunia internasional. Itulah posisi terpenting Indonesia. Apalagi saat ini negara Indonesia kembali sebagai Negara anggota tidak tetap dalam (UNO) Perserikan Bangsa-bangsa (PBB).

 

Dengan kita menyemaikan isu global yang kemudian terimplementasi dalam SDG's yaitu Society 5.0. Sebenarnya kita memberikan pemahaman penuh arti penting kehadiran negara Indonesia di tengah kehidupan ekosistem global. Bahkan jauh sebelum Indonesia merekdeka, Indonesia telah mendeklarasikan Ikut dalam perdamaian dunia, dan politik bebas aktif di kancah internasional. Itu adalah amanat Undang-undang Dasar Negara Indonesia 1945.

 

Oleh karenanya, sebagai langkah nyata sekaligus menyonsong Indonesia emas di tahun 2045 yaitu tepatnya 100 tahun Indonesia sebagai ekosistem Global harus berperan nyata dengan sumber daya generasi muda yang berkualitas berperan aktif dalam segala bidang kepentingan. Terutama sesuai fokus Generasi Muda Indonesia Emas 2045 ( Gen Id 2045 ) yaitu :

  1. Ekonomi dan Teknologi
  2. Sosial dan kesejahteraan Umum
  3. Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Kesehatan dan Lingkungan Hidup.

 

Indonesia Go Society 5.0 kolaborasi SDGs 2015-2030.

 

SDGs ditujukan untuk memastikan bahwa semua manusia dapat menikmati kehidupan yang sejahtera dan bahwa kemajuan ekonomi, sosial, dan teknologi terjadi selaras dengan alam/lingkungan.

 

Ke 17 goals dari SDGs dapat dikelompokkan dalam empat pilar, yakni pembangunan manusia, pembangunan ekonomi, pembangunan lingkungan hidup, dan governance;

 

1.Pilar pembangunan manusia lekat dengan penyediaan pelayanan dasar sehingga tujuan SDGs yang dapat dikelompokkan dalam beberapa sektor (kehidupan yang sehat, pemerataan kualitas pendidikan, pendidikan inklusif serta pembelajaran seumur hidup untuk semua, mengakhiri kemiskinan dan mencapai kesetaraan gender, serta memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan)

 

2.Tujuan SDGs pada pilar pembangunan lingkungan hidup antara lain memastikan ketahanan pangan dan gizi yang baik, mencapai akses universal ke air dan sanitasi, menjamin energi yang berkelanjutan, memastikan pola konsumsi dan produksi berkelanjutan, mengambil tindakan untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, mengelola aset sumber daya alam secara berkelanjutan, mengelola ekosistem yang berkelanjutan dan menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

 

3.Tujuan SDGs di pilar ekonomi yakni mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pekerjaan yang layak untuk semua, membangun infrastruktur, mempromosikan industrialisasi yang inklusif dan berkesinambungan dan mendorong inovasi, membuat kota-kota dan pemukiman manusia inklusif, aman, ulet, dan berkelanjutan.

 

4. Di bidang governance, tujuan SDGs antara lain mengurangi kesenjangan dalam dan antar negara, memastikan masyarakat stabil dan damai, dan memperkuat cara pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.

 

Awal tahun 2019, menjadi penentu keberpihakan Negara Indonesia dalam ekosistem global. Indonesia Go Society 5.0 adalah langkah baru dalam mewujudkan kehidupan sosial yang lebih besar lagi. Kitalah yang menentukan situasi itu. Maka menjadi penting untuk disemaikan Society 5.0 dalam segala lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk Indonesia yang lebih. Bagi keberlanjutan kelangsungan ekosistem dunia global. 

 

La Mema Parandy

Founder Gen Id 2045

 

 

*The End*