Dandim 0806 Trenggalek Pimpin Rakor Pembukaan Tmmd Reg Ke 105

25 Jun 2019 22:21   ngopiNEWS
Dandim 0806 Trenggalek Pimpin Rakor Pembukaan Tmmd Reg Ke 105

TRENGGALEK Kodim 0806 Trenggalek menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan TMMD Reguler Ke 105 yang rencananya dibuka pada 10 Juli 2019 di Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Selasa (25/6/19). Rakor dipimpin oleh Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos dan diikuti oleh perwakilan Pemkab, BUMD dan stakeholder terkait.

Dalam paparannya Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos mengungkapkan, TMMD merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat dan  bagian dari upaya membantu Pemkab dalam pembangunan kewilayahan. 

"TMMD bagian dari tugas kami sesuai dengan UU 34 Tahun 2004. Ada 14 item di dalamnya, salah satunya adalah membantu pembangunan Pemerintah Daerah. TMMD menjadi aplikasi dari bimbingan teritorial yang mencakup komunikasi sosial, bakti TNI serta pembinaan ketahanan wilayah," jelas Dandim.

Koordinasi harus sudah rampung sebelum TMMD dibuka. Karena kegiatan ini melibatkan banyak unsur, mulai TNI, Pemkab, BUMN, BUMD dan Polri hingga masyarakat umum. Kami harus berkoordinasi agar kegiatan bisa berjalan lancar," lanjut Dandim.

Kegiatan TMMD yang akan dilaksakanan meliputi kegiatan Fisik fisik dan non fisik. Kegiatan fisik diantaranya pengaspalan jalan, pembangunan makadam, pembangunan gorong-gorong dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sedangkan kegiatan non fisik mulai dari penyuluhan tentang Narkoba, Pemeriksaan kesehatan, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan perpustakaan.

“Hal yang perlu saya tekankan dalam kegiatan TMMD adalah pentingnya tertib administrasi serta transparansi dalam kegiatan, sehingga pelaksanaan TMMD dapat berjalan sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan,” ujar Dandim.

“Mari kita sama-sama berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan ini dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Kita terjun bersama dalam kegiatan TMMD bertujuan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Letkol Dodik.(Fr)