Babinsa Koramil 0806/07 Watulimo Bantu Penanaman Bibit Kelapa

02 Nov 2018 23:01   ngopiNEWS
Babinsa Koramil 0806/07 Watulimo Bantu Penanaman Bibit Kelapa

TRENGGALEK Babinsa Koramil 0806/07 Kodim 0806/Trenggalek Serka Masngut melaksanakan kegiatan penanaman pohon kelapa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah muara Pantai Cengkrong Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jum’at (02/11/18).

Dalam tugasnya sebagai Babinsa Serka Masngut bersama BPD melaksanakan kegiatan penanaman pohon kelapa di muara Pantai Cengkrong bagian timur.

Serka Masngut mengatakan, Penanaman pohon kelapa ini disamping suatu perintah dari Komando atas juga sebagai wujud dari penghijauan sekaligus mengamankan lingkungan dari bahaya erosi karena aliran air sungai terutama pada musim penghujan seperti sekarang nantinya.

Lebih lanjut, Pohon kelapa merupakan pohon serba guna bagi masyarakat, Bagian-bagian dari pohon kelapa banyak dimanfaatkan oleh orang. Akar dari pohon kelapa yang menjalar sampai radius beberapa meter dapat untuk memperkuat kondisi tanah yang labil terutama di wilayah muara Panatai Cengkrong,” terngnya

“Kayu batangnya yang relatif lurus sering digunakan orang sebagai papan untuk rumah pada bagian atap. Daun yang sudah dikeringkan dapat dimanfatkan untuk atap rumah. Daun yang masih muda (janur yanng masih kuning) sering dipergunakan oleh masyarakat Jawa dalam acara-acara Tradisi, dan juga dapat dibentuk menjadi kerajinan tangan. Tangkai daun (Lidi) dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu,” pungkas Serka Masngut.(Fr)