ACARA LABUH AWALI GIAT PANEN PADI POK TANI LESTARI II DESA JATIPRAHU

ACARA LABUH AWALI GIAT PANEN PADI POK TANI LESTARI II DESA JATIPRAHU

DITULIS USER

Kodim Trenggalek
ngopiNEWS 24 Mar 2018 WIB

TRENGGALEK – Acara Labuh merupakan budaya pertanian di Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek sebagai tanda syukur atas berkah panen padi yang melimpah. Labuh yang bertempat di Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan sekaligus menjadi bukti atas keunggulan padi Pok Tani Lestari II, Sabtu (24/03/18)

Acara labuh ini dihadiri oleh Kasdim 0806/Trenggalek Mayor Inf Sunarto, Koordinator Penyuluh Kab. Trenggalek Eko Wahyu, Camat Karangan Sholikhin, SIP, M.SI., Danramil 0806/Trenggalek Kapten Inf Panut Kanit Sabhara Polsek Karangan , Aiptu Ismani, Kepala BPP Karangan Titik Sumiati, SP, Mantri Tani Kec. Karangan Dina Septariasari, S.P., Kades Jatiprahu Slamet, Ketua dan seluruh Pok Tani sekecamatan Karangan.

Kades Jatiprahu, Slamet mengatakan untuk musim ini dapat panen dengan normal. Kelompok Tani Lestari II awalnya tidak menyangka bisa panen, hal ini disebabkan karena perubahan cuaca yang ekstrim, padi sawah di Desa Jatiprahu selalu gagal panen akibat terserang hama dan curah hujan yang tidak menentu.

Dalam prosesi ini sesepuh Desa Jatiprahu berdoa agar senantiasa mendapat berkah dari panen melimpah. Inilah budaya labuh yang menyiratkan kebersamaan dan kekeluargaan dalam menikmati anugerah Yang Maha Kuasa.

Kasdim Trenggalek Mayor Sunarto juga memberikan sambutan. Kasdim berharap agar Petani yang ada di Kecamatan Karangan dapat meningkatkan produktivitas padi dan menjadikan Kabupaten Trenggalek sebagai salah satu daerah penyangga stok pangan di Provinsi Jawa Timur.(Fr)

Penulis : Kodim Trenggalek

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.