Tingkatkan Kualitas Kesehatan Melalui Surveyor Akreditas Puskesmas

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Melalui Surveyor Akreditas Puskesmas

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 14 Dec 2017 WIB

Kehadiran lintas sektor pada Surveyor Akreditas Puskesmas, berlangsung hari ini Puskesmas Ngancar. Acara yang juga diikuti Muspika Ngancar, termasuk Danramil Ngancar Kapten Czi Martono, Kepala Desa se-Kecamatan Ngancar dan tenaga medis se-Kecamatan Ngancar, kamis (14/12/2017)

 

“Jangan ragu bahwa tim surveyor yang berjumlah 3 orang tersebut meliputi UKM, UKP dan Admin akan bekerja secara profesional. Karena memang sejatinya telah di pilih dan di latih sesuai dengan bidang kemampuannya masing-masing. Biasanya pula tim surveyor ini di ambil dari regional berbeda tetapi bisa saja dalam satu regional yang sama. Kedatangan tim surveyor ini juga sebenarnya bukan hanya untuk menilai akreditasi puskesmas tetapi menjadi semacam dosen tamu bagi rekan-rekan di puskesmas untuk kembali belajar tentang manajemen, perencanaan, evaluasi, implementasi serta aktualisasi puskesmas untuk menjadi lebih maju,” jelas dr.Imam Triyanto dari Tim Surveyor Akreditas Kemenkes RI.

 

Selain itu, dr.Imam Triyanto juga menjelaskan bahwaaAkreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap puskesmas, apakah sesuai dengan standar akreditas yang ditetapkan.

 

“Pelayanan kesehatan harus diberikan berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dengan memperhatikan masukan dari Pemerintah Daerah, organisasi profesi atau masyarakat. Pembinaan dan pengawasan upaya kesehatan dilakukan secara berjenjang melalui standarisasi, sertifikasi, lisensi, akreditasi, dan penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan organisasi profesi dan masyarakat.” Pungkas dr.Imam Triyanto

 

 

Sementara itu dr.Indah Rahayu menambahkan dan menjelaskan kepada seluruh undangan, bahwa pelaksanaan akreditasi puskesmas tidaklah sulit seperti yang dibayangkan pelaku kesehatan di puskesmas dan tidak menambah pekerjaan baru bagi puskesmas, justru dengan akreditasi puskesmas kita hanya perlu mendokumentasikan apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang sudah didokumentasikan, dengan kata lain motto akreditasi adalah Kerjakan apa yang ditulis dan tulis apa yang dikerjakan.

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.