Sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan Bagi Masyarakat

Sosialisasi Peraturan Perundangan-Undangan Bagi Masyarakat

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 21 Oct 2017 WIB

Visi menuju masyarakat yang mengerti betul hukum yang berlaku di negeri ini, Pemkab Kediri mengadakan sosialisasi peraturan perundang-undangan bagi masyarakat, dan sosialisasi ini berlangsung di balai Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Pada sosialisasi ini, Camat Kandangan, Sunar utomo dan semua Kepala Desa beserta perangkatnya ,perwakilan Ketua RT atau RW masing-masing desa se-Kecamatan Kandangan turut diundang di acara yang berlangsung sore tadi, jumat (20/10/2017)

 

Sebagai pembicara dalam sosialisasi ini, AKP Suharjito dari Polres Kediri, David Setiawan dari Kejaksaan Negeri Kediri, Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo dan Kapolsek Kandangan, AKP Eka Purnama. Sesuai kapasitas dan latarbelakang masing-masing pembicara, materi disampaikan menyesuaikan dari para pembicara.

 

Diawal sosialisasi ,AKP Suharjito menjelaskan aturan hukum yang diberlakukan terkait peredaran ataupun penggunaan narkoba. Menurutnya, narkotika menurut pasal 1 angka 1 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam undang-undang ini.

 

Sedangkan, menurut pasal 1 angka 1 UU no 5 tahun 1997 tentang pengertian psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

 

Sementara itu ,David Setiawan menjelaskan ,ketentuan pidana UU no 22 tahun 1997 tentang narkotika terdapat didalam pasal 78 sampai dengan pasal 104 yang mengatur tentang pelarangan, peredaran dan penggunaannya yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan, seperti yang terdapat didalam pasal 82.

 

Selain itu hal-hal terkait koneksi lainnya juga disampaikan Kapten Czi Kustoyo dan AKP Eka Purnama. Tentunya keduanya tidak lagi membicarakan masalah undang-undang lagi, melainkan menyampaikan himbauan kepada masyarakat terkait dengan kewaspadaan atau bahaya peredaran maupun penggunaan narkoba.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.