Sosialisasi Penyusunan RDK dan RDKK Plosoklaten

Sosialisasi Penyusunan RDK dan RDKK Plosoklaten

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 03 May 2018 WIB

KEDIRI. Pertemuan rutin kelompok tani dan tokoh agama serta tokoh masyarakat desa Klanderan se-Kecamatan Plosoklaten diselenggarakan di Balai Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dan acara tersebut dilaksanakan dalam rangka sosialisasi penyusunan RDK (Rencana Devinitif Kelompok) dan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) tahun 2019, kamis (03/05/2018)

 

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Camat Plosoklaten Elok Etika, Danramil Plosoklaten Kapten Cpl Pratikno, BPP Plosoklaten Hadi Priyanto dan Mantri pertanian Miyanto.

 

Menurut Camat Plosoklaten Elok Etika pertemuan kelompok tani rutin tersebut untuk menyusun rencana kebutuhan sarana produksi, modal usaha tani satu tahun kedepan berdasarkan kesepakatan bersama kelompok tani dalam melaksanakan usaha taninya yang memuat data kelompok tani.

 

Sasaran utamanya adalah areal dan produktivitas intensivikasi, rencana kebutuhan sarana produksi, modal usaha taninya dan jadwal kegiatan serta pelaksanaan dan lain-lain yang mengikat semuan anggota kelompok tani.

 

Sedangkan RDKK adalah pesanan kelompok tani terhadap sarana produksi pertanian dan biaya lainnya untuk satu musim tanam sebagai hasil dari musyawarah Kelompok tani yang memuat jenis, jumlah, jadwal waktu yang dibutuhkan dan sumber dana untuk pembeliannya (baik swadana atau kredit), sasaran yang ingin dicapai adalah agar masing-masing petani dapat menentukan, berapa jumlah sarana produksi yang diperlukan, baik dengan swadana maupun dengan fasilitas kredit.

 

Demikian juga kebutuhan biaya lainnya, mengingat kredit yang disediakan Pemerintah penyalurannya bukan lagi secara massal, melainkan selektif sesuai dengan kebutuhan petani.

 

Hal senada juga kemukakan Kapten Cpl Pratikno, peran serta koramil dalam bidang pertanian hanya melakukan pendampingan kepada kelompok tani diwilayahya dengan menerjunkan Babinsa untuk mendampingi kelompok-kelompok tani untuk memberikan kesadaran bagi kelompok tani guna mewujudkan swasembada pangan didaerah.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.