Sosialisasi Pendampingan dan Pengawasan Anggaran Dana Desa

Sosialisasi Pendampingan dan Pengawasan Anggaran Dana Desa

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 25 Oct 2017 WIB

Agenda terkait penyalahgunaan maupun salah manajemen dari keuangan dari pemerintahan setingkat desa, sore ini dilangsungkan di balai Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Sosialisasi pendampingan ,pengawasan dan pengelolaan anggaran dana desa ini ,sebagai pembicara Camat Ngancar ,Arif Gunawan ,Danramil Ngancar, kapten Inf Sutrisno dan Kapolsek Ngancar, AKP Hadi Purnomo serta seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Ngancar, rabu (25/10/2017)

 

Diawal sosialisasi, Arif Gunawan menjelaskan bahwa dana desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

 

Sementara itu, Kapten Inf Sutrisno mengatakan ,“Penyelewengan dan penyalahgunaan dana desa bisa ditekan seminimal mungkin. Perlu adanya penguatan lagi dalam hal pengawasan. Yang terpenting dari suksesnya program dana desa adalah pengawasan dari masyarakat. Masyarakat segera melapor ke satgas dana desa ,apabila menilai ada yang tidak beres dengan penggunaan dana desa di wilayahnya. Laporan tersebut tentunya ada bukti, bukan sekedar opini dari suatu asumsi, kalau itu terjadi bisa terjadi laporan palsu berakibat fitnah. Laporan itu harus valid dengan bukti otentik.”

 

Demikian juga AKP Hadi Purnomo menambahkan ,”Terkait adanya indikasi atau dugaan, terutama berhubungan erat dengan hukum, semua itu sudah diatur. Jadi tidak sertamerta laporan itu langsung dibenarkan, tetapi harus melewati jalur hukum yang benar dan itu sudah prosedur. Apabila memang benar terindikasi adanya penyelewengan atau penyalahgunaan, hukum yang akan menentukan.”

 

 

Selain itu, sesion tanya jawab juga diberikan dengan waktu yang sudah disepakati. Jumlah penanya dibatasi hanya 10 orang dan setiap pertanyaan berdurasi 1,5 menit. Jawaban akan disampaikan pembicara sesuai dengan kapasitas dan latarbelakangnya.

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.