Si Mokos Hadir Di Tengah-Tengah Masyarakat

Si Mokos Hadir Di Tengah-Tengah Masyarakat

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 01 Nov 2017 WIB

 

Kendaraan non alutsista, terlihat sangat mentereng ada di areal Makodim 0809/Kediri. Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si Mokos) itulah nama yang tersemat dari mobil yang kontras warna hijau ini. Si Mokos bakal menjelajahi seantero Kota dan Kabupaten Kediri, baik sekolah-sekolah, kantor desa atau kelurahan, areal persawahan, pemukiman penduduk hingga menyusuri jalanan, rabu (01/11/2017)

 

Menurut Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han), Kodam V/Brawijaya berinovasi dalam rangka pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Inovasi itu berupa di launchingnya Si Mokos. Kendaraan ini juga dilengkapi sarana dan prasarana yang sangat berguna saat berinteraksi dengan masyarakat, khususnya di Kediri.

 

“Ini merupakan inovasi Kodam V/Brawijaya dalam pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan Si Mokos dinilai memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat di wilayah tugas Kodam V/Brawijaya, termasuk di Kediri ini. Sesuai namanya, Si Mokos ini sebagai sarana bantu aparat teritorial, khususnya Babinsa dan Danramil dalam berinteraksi dengan masyarakat di wilayah tugasnya,” jelas Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han)

 

Lanjutnya ,”Si Mokos ini juga dilengkapi layar monitor TV dan berbagai buku yang dinilai memiliki manfaat positif bagi masyarakat di desa-desa atau kelurahan-kelurahan. Di dalam buku itu, berisi tentang Wawasan Kebangsaan, masyarakat boleh meminjamnya.”

 

Sementara itu, Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito, optimis Si Mokos memiliki nilai lebih, khususnya dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan. Disamping itu, interaksi sosial tersebut juga tidak mengenal batas, siapa saja yang dijumpai, entah itu pelajar, petani, karyawan hingga perangkat desa atau kelurahan.

 

“Si Mokos bisa mampir kapan saja dan dimana saja, karena fungsinya yang tanpa mengenal batas. Si Mokos bakal mampir di sekolah-sekolah, kantor-kantor desa atau kelompok tani di pedesaan. Kita apresiasi Si Mokos ini untuk manfaat yang positif dan tentunya Si Mokos ini ada untuk masyarakat,” ungkap Kapten Inf Warsito.

 

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.