Sambung Rasa Lewat Komunikasi Sektor Pertanian

Sambung Rasa Lewat Komunikasi Sektor Pertanian

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 09 Sep 2017 WIB

                                             

Sektor pertanian yang saat ini gencar-gencarnya dilakukan TNI, termasuk Koramil-Koramil jajaran Kodim 0809/Kediri, sudah berlangsung sekitar 2 tahun. Salah satunya, sebagaimana yang dilakukan Danramil Papar, Kapten Chb Mulyono bersama anggota Koramil 16/Papar melakukan mediasi dengan pelaku sektor pertanian di Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri sore kemarin, sabtu (09/09/2017)

 

Bersama Kepala Desa Minggiran, M.Munirudin, Gapoktan Podho Sugih, Sumarijono dan Mantri Pertanian Kecamatan Papar, Suyitno, komunikasi sektor pertanian dilakukan dibawah Posko LTT Kecamatan Papar.

 

Terkait komunikasi sektor pertanian tersebut, Sumarijono menjelaskan seputar hasil panen jagung terkini di Desa Minggiran dan menurutnya harga jual beli jagung di pasaran cukup stabil, namun bila di kalkulasi dengan biaya operasionalnya masih dianggap belum memuaskan. Dari pantauannya, hasil produksi jagung yang ada di Desa Minggiran dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan, walaupun peningkatan itu tidak terlalun tajam. Sedangkan lawan atau musuh dari petani seperti hama, dikatakannya tidak ada, hanya saja yang perlu diwaspadai adalah kehadirannya, misalnya tikus.

 

Selain itu, disekitar lokasi kumpul bareng ini, juga dilakukan panen jagung di lahan pertanian milik Mariyono dengan luas sekitar 40 ru atau 560 meter persegi. Kendati panen jagung tidak secara keseluruhan, nantinya bakal menyusul panen jagung dilahan sekitarnya, walaupun dalam hitungan hari tidak serentak. Terlepas dari panen jagung ini, mayoritas lahan pertanian milik warga Desa Minggiran memang mayoritas ditanami jagung ,selebihnya ditanami padi, tebu atau holtikultura.

 

Kapten Chb Mulyono juga mengingatkan, di masa musim kemarau ini yang patut diwaspadai adalah kontribusi air, karena bagaimanapun juga air adalah faktor utama bagi pertumbuhan semua tanaman.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.