Pramuka SMAN 5 Kediri Terima Wawasan Kebangsaan

Pramuka SMAN 5 Kediri Terima Wawasan Kebangsaan

DITULIS USER

dodik suwarno
ngopiNEWS 22 Jul 2017 WIB

SMAN 5 Kediri berlokasi di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, kali ini siswa/siswinya mendapat kesempatan sedikit banyak mendengarkan pengetahuan seputar wawasan kebangsaan , yang disampaikan langsung Danramil Mojoroto, Kapten Inf Arifin Effendi. Dengan Tema “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara”, ratusan siswa/siswi yang duduk dibangku kelas 11 atau 2 SMAN 5 Kediri, mendengarkan wawasan kebangsaan di aula SMAN 5 Kediri, sabtu (22/07/2017)

 

Pada awal wawasan kebangsannya, Kapten Inf Arifin Effendi mengatakan, Pancasila sangat memenuhi syarat sebagai pilar bagi bangsa Indonesia yang pluralistik dan besar ini. Selain itu, Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia.

 

Wawasan kebangsaan ini merupakan bagian dari pembinaan kepramukaan yang rutin diadakan setiap hari minggu oleh SMAN 5 Kediri ,dan kali ini latihan kepramukaan sedikit berbeda dibanding hari sebelumnya. SMAN 5 Kediri sebelumnya juga sudah melewati masa pengenalan lingkungan sekolah ,dan Koramil 03/Mojoroto turut melatih dan membina siswa/siswinya.

 

“Di alinea ketiga disebutkan bahwa “pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia itu atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa,” yang bermakna bahwa kemerdekaan yang dinyatakan oleh bangsa Indonesia itu semata-mata karena mendapat rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa. Kalimat tersebut merupakan suatu pengakuan adanya suatu kekuasaan di atas kekuasaan manusia yang mengatur segala hal yang terjadi di alam semesta ini,” kata Kapten Inf Arifin Effendi.

 

Lanjutnya ,”Pemuda merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dari pemudalah lahir calon pemimpin dimasa yang akan datang. Jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan atau mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan maju.”

 

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.