Perluas Destinasi Wisata Lewat Festival Kelud 2017

Perluas Destinasi Wisata Lewat Festival Kelud 2017

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 23 Sep 2017 WIB

Secara resmi, Bupati Kediri, Hj.Haryanti Sutrisno membuka Festival Kelud 2017 yang berlangsung hari ini. Festival rutin tahunan yang berlokasi di kawasan Gunung Kelud ini diharapkan menjadi barometer menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pembukaan Festival Kelud 2017 ini juga dihadiri Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han), Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono, Danramil Ngancar ,Kapten Inf Sutrisno dan Kapolsek Ngancar, AKP Hadi Purnomo, sabtu (23/09/2017)

 

Gunung Kelud sendiri pernah mengalami erupsi di tahun 2014 lalu, yang memuntahkan pasir dan bebatuan vulkanik. Bebatuan yang menggunung menutup celah lobang kawah pasca sebelum erupsi, sekarang sudah tidak ada lagi, yang ada sekarang danau kecil yang menutup lobang kawah. Gunung yang memiliki ketinggian 5.679 ft  atau 1.731 m ini, menjadi perhatian tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya, disamping udara di kawasan tersebut yang sejuk, panorama disekitarnya cukup eksotis.

 

Rangkaian acara terkait Festival Kelud ini, juga bakal diramaikan, antara lain, Tobong Performance Arts yang bakal berlangsung 28 hingga 30 September, Kelud Volcano Run yang bakal digekar 8 Oktober mendatang. Tidak luput dari agenda rutin, seperti larung sesaji, berbagai kesenian yang berakar dari kedaerahan dan campursari juga turut meramaikan Festival Kelud ini. Disamping itu juga, produk-produk unggulan berbasis UMKM juga turut mengiringi jalannya festival yang sudah menjadi agenda tahunan ini.

 

Pada perbincangan dengan orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini, Hj.Haryanti Sutrisno mengatakan ,”Potensi alam Gunung Kelud harus dimaksimalkan, khususnya sektor pariwisata. Kita berharap dengan adanya festival ini, semakin banyak lagi wisatawan domestik dan mancanegara berbondong-bondong datang kesini.”

 

 

Berbagai makanan khas daerah juga ditampilkan, bahkan Bupati Kediri, Dandim Kediri dan Kapolres Kediri dipersilahkan mencicipi beberapa makanan yang tersedia disalah satu stand. Buah-buahan produk lokal juga ditawarkan diantara stand-stand yang berdiri di areal Festival Kelud ini. 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.