Pentas Sejuta Aksi Dalam Pekan Budaya Dan Pariwisata Kediri

Pentas Sejuta Aksi Dalam Pekan Budaya Dan Pariwisata Kediri

DITULIS USER

dodik suwarno
ngopiNEWS 16 Jul 2017 WIB

Berbagai atraksi dan parade mobil hias ditampilkan pada acara ini, dan iikuti para kontestan dari berbagai daerah lainnya. Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Kediri, menggelar Pekan Budaya Dan Pariwisata Kediri, minggu (16/07/2017)

 

Mendikbudpar ,Prof.Muhajir Effendi, Bupati Kediri, Hj.Haryanti Sutrisno, Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han), Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H.M.Sulkani dan pemerhati kebudayaan dan pariwisata, Prof.Hardiman Joyonegoro turut menghadiri acara tahunan yang berlangsung di kawasan monumen SLG ini.

 

Pada sambutannya, Hj.Haryanti Sutrisno mengatakan, parade tarian kolosal bertajuk “Kami merasa bangga dengan adanya pagelaran ini dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kediri. Pariwista merupakan icon berprospek internasional. Selain itu, perkembangan dunia pariwisata di Kediri, harus didukung semua pihak ,baik dalam pengelolaan objek-objek wisata maupun keterlibatan seniman lokal, untuk memelihara dan memperkaya khazanah budaya di negeri ini”.

 

“Fesitival Panji merupakan pencerminan dan refleksi budaya lokal, yaitu Kediri. Karya sastra lisan muncul pada kerajaan Doho yang menceritakan tentang peradaban masyarakat di masa lampau. Sastra panji dikenalkan kepada dunia internasional sebagai memori of the world. Kekayaan budaya nasional ialah warisan bangsa Indonesia dan ini sudah diakui UNESCO,” kata Prof.Hardiman Joyonegoro.

 

Prof.Muhajir Effendi mengatakan,”Mewujudkan anak bangsa yang menghargai budaya bangsanya ,bagian yang tidak terpisahkan dari identitasnya. Generasi yang baik dan berkualitas akan memajukan negeri ini. Cerita Panji merupakan produk epos sastra jawa yang mencerminkan perjuangan anak mud menggapai cita-cita serta impiannya. Rencana kedepan, cerita Panji akan dijadikan mata pelajaran di sekolah-sekolah, sehingga bisa dikenal luas generasi muda.”

 

Duta-duta kesenian dan kebudayaan turut maramaikan pekan budaya dan pariwisata ini, seperti dari Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Malang, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Jember. Selain itu, Kodim 0809/Kediri dan Polres Kediri turut meramaikan pawai yang dipadati penonton siang ini, dan pawai ini sekaligus menjadi bukti partisipasi maupun dukungan terhadap perkembangan dunia pariwisata, khususnya di Kediri.

 

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.