Pembinaan Strategi Pembentukan Dan Pengembangan Bumdes

Pembinaan Strategi Pembentukan Dan Pengembangan Bumdes

DITULIS USER

dodik suwarno
ngopiNEWS 11 Jul 2017 WIB

Kodim 0809/Kediri mengadakan pembinaan kepada seluruh Babinsa, terkait  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang secara garis besar bertujuan sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa. Kapten Arh Ajir selaku penyampai materi menjelaskan secara global dari pembangunan ekonomi lokal desa yang didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa ,dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa, selasa (11/07/2017)

 

“Bumdes adalah pilar kesejahteraan bangsa, karena Bumdes tidak lain adalah usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa,jelas Kapten Arh Ajir.

 

Selain itu, dalam pembinaan ini diharapkan memahami perundang-undangan dan perancangan, Perum, AD / ART dan SOP Bumdes, mengetahui tahap, alur dan bangun bangun Bumdes, mengetahui Studi Kelayakan dan Strategi Pengembangan dan pengelolan Bumdes, mengetahui tata kelola dan pola pengelolaan keuangan ,dan mengetahui ketentuan pelaporan Bumdes.

 

Disamping itu juga dijelaskan empat tahapan pembentukan Bumdes. Pertama, musyawarah untuk menghasilkan kesepakatan. Kedua, perumusan kesepakatan bersama BUMDes. Ketiga, pengusulan materi kesepakatan sebagai rancangan (draft) peraturan desa. Keepmat, penerbitan peraturan desa.

 

“Bumdes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa, karena itu, pengembangan Bumdes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa. Lebih dari itu, Bumdes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya,” pungkas Kapten Arh Ajir.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.