Kontes Barongan HUT TNI ke 72

Kontes Barongan HUT TNI ke 72

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 09 Oct 2017 WIB

Event berlebel HUT TNI ke 72, berlangsung kemarin sore di halaman Makoramil 15/Kandangan dan event ini melibatkan ratusan kontestan dari berbagai daerah. Tercatat 204 kontestan berpartisipasi dalam kontes barongan ini dan dari 204 kontestan, 47 kontestan berasal dari luar Kediri, senin (09/10/2017)

 

Dalam kontes ini, seluruh dewan juri berlatarbelakang seni yang sangat berhubungan dengan barongan itu sendiri dan hasil dewan juri bersifat mutlak tanpa diganggu gugat. Disamping itu ,kehadiran 47 kontestan yang berasal dari Malang dan Jombang, menambah persaingan sehat antar kontestan.

 

Menurut Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo, kontes barongan ini lebih mengarah pada kreatifitas pecinta seni barongan, karena dari kreatifitas itulah ada nilai lebih diantara baringan-barongan yang ditampilkan. Dalam pembuatan barongan sendiri, butuh kecermatan dan ketelitian, terutama pernik-pernik ataupun face dari baringan ini.

 

Mursani ,warga Pare yang juga pecinta barongan ini mengungkapkan ,”Membuat barongan itu tidaklah mudah, butuh ketrampilan khusus. Setiap orang yang membuat barongan punya karakter berbeda-beda. Yang penting, kreatifitas itu berdasarkan pemikiran sendiri, itu lebih penting. Ketertarikan orang lain kepada barongan itu yang menjadikannya berbeda. Tidak sembarangan orang membuat barongan.”

 

Sementara itu Sugito, warga Gurah, menginginkan kontes barongan ini tidak sekedar agenda rutin tahunan saja, tetapi bisa diadakan kapan saja. Barongan merupakan budaya bangsa sendiri dan hal itu harus dilestarikan.

 

Kontes barongan ini bisa berlangsung berkat turut andilnya komunitas pecinta barongan yang notabene ,mayoritas berdomisili di Kediri. Dari komunitas pecinta barongan ini juga yang berperan ,siapa yang terbaik pada event kali ini.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.