Kerangka Kinerja Sektor Pertanian Dalam Penyusunan Programa Penyuluhan

Kerangka Kinerja Sektor Pertanian Dalam Penyusunan Programa Penyuluhan

DITULIS USER

dodik suwarno
ngopiNEWS 24 May 2017 WIB

Pertemuan pelaku bidang pertanian di Kota Kediri, berlangsung hari ini di aula Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri, hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri, Semeru Singgih, Danramil Pesantren, Kapten Arm Nur Solikin serta seluruh PPL se-Kecamatan Pesantren, rabu (24/05/2017)

 

“Rakor yang kita adakan saat ini tujuannya menyediakan acuan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian bagi para penyelenggara, memberikan acuan bagi penyuluh pertanian dalam menyusun rencana kegiatan penyuluhan pertanian, dan menyediakan bahan penyusunan perencanaan penyuluhan untuk disampaikan dalam forum sejenis di tahun berikutnya,” jelas Semeru Singgih.

 

Dari penjelasan Restuningsih Programa Penyuluhan Pertanian merupakan pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis tentang rencana kegiatan penyuluhan pertanian, yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang akan dicapai, masalah yang dihadapi, dan rencana kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara partisipatif, guna mendukung pencapaian tujuan Program Pembangunan Pertanian. Programa Penyuluhan sendiri, disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian penyuluhan.

 

Semeru Singgih menambahkan, “Programa yang disusun dapat diukur keberhasilannya serta disusun sesuai dengan kenyataan sebenarnya. Programa penyuluhan harus memberikan nilai manfaat bagi peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan prilaku untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan, dan kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha. Penyusunan programa melibatkan secara aktif pelaku utama dan pelaku usaha dan penyuluh sejak dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.”

 

“Evaluasi programa penyuluhan dikerjakan dengan membandingkan pelaksanaan yang telah dilaksanakan dengan perencanaan yang telah dibuat dengan sederhana, terukur, dapat dicapai, rasional, dan kegiatannya dijadwalkan,” pungkas Semeru Singgih.

 

 

Pada kesempatan berbicaranya, Kapten Arm Nur Solikin mengatakan,” Peran TNI disektor pertanian sudah termuat dalam MoU antara Menteri Pertanian RI dengan KASAD beberapa waktu yang lalu. Jadi apabila ada sesuatu yang berkaitan dengan aktofotas pertanian terutama bertujuan untuk mensukseskan swasembada pangan, saya harap kerjasama antara PPL di kelurahan-kelurahan dengan babinsa setempat.”

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.