Kejar Target Beras Dan Gabah Lewat Rakor Mitra Bulog

Kejar Target Beras Dan Gabah Lewat Rakor Mitra Bulog

DITULIS USER

dodik suwarno
Jawa Timur 11 Sep 2017 WIB

                                               

Kerjasama lintas institusi antara Kodim 0809/Kediri dengan Bulog Sub Drive V Kediri, dilakukan hari ini dengan mengundang seluruh pelaku usaha jual beli beras dan gabah di Kediri. Rapat kordinasi yang berlangsung di Makodim Kediri ini dipimpin langsung Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) bersama Kepala Bulog Sub Drive V Kediri, Ir.Rahmad Sjahroni Putra, senin (11/09/2017)

 

Rapat koordinasi ini juga dihadiri Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten kediri, Ir.Imam Widodo Santoso, Kepala Dinas Pertanian Kota Kediri, Ir.Semeru Singgih serta seluruh Danramil jajaran Kodim Kediri.

 

Diawal rakor, Kapten Inf Warsito menjelaskan sedikit banyak perihal maksud dan tujuan diadakannya rakor ini, serta keterlibatan para pelaku usaha jual beli beras dan gabah dalam kaitannya topik bahasan. Disamping itu, Kapten Inf Warsito juga mengingatkan betapa pentingnya beras sebagai makanan pokok dan kaitannya dengan ketahanan pangan.

 

Sementara itu, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) memberi gambaran singkat betapa pentingnya pasokan atau cadangan pangan ,baik skala nasional maupun daerah ,”Suatu negara akan stabil bila kecukupan pangan baik regional maupun nasional sejajar atau lebih dari populasi penduduk. Tetapi bila kecukupan pangan itu tidak sesuai dengan populasi penduduk, dampak negatifnya akan berimbas pada ketahanan suatu negara, muncul kekacauan atau aksi-aksi yang mengarah pada ketidakpuasan ,akibat kurangnya pangan di negara itu. Kita berupaya memaksimalkan kondisi pangan kita sesuai dengan kebutuhan dari perhitungan populasi penduduk, syukur-syukur bisa lebih, malah nantinya akan ekspor.”

 

Pada kesempatannya, Ir.Rahmad Sjahroni Putra menjelaskan kondisi terkini serapan beras dan gabah, khususnya di Kediri ,”Secara keseluruhan target kita belum terpenuhi. Tetapi kita harus tetap optimis mengejar target itu. Berdasarkan grafik serapan gabah dan beras untuk tahun 2017, bulan ini jelas tidak akan berada diposisi atas, tetapi tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi. Dalam hitungan per tahun, bulan-bulan dimana posisi atas dari serapan gabah dan beras sudah terlewati.”

 

Di season tanya jawab dan dengar pendapat, Dandim Kediri mempersilahkan para pelaku usaha jual beli gabah dan beras untuk bertanya atau sekedar saran sesuai dengan tugas pokok masing-masing, baik dari instansi Dinas Pertanian ,Bulog maupun Kodim Kediri.

 

 

Penulis : dodik suwarno

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.