Dituding Sidang Patas, Begini Jawaban Jpu Suparlan

02 Nov 2018 21:40   Hukum
Dituding Sidang Patas, Begini Jawaban Jpu Suparlan
Jaksa Kejari Surabaya, Suparlan Hadiyanto/dok. Net

SURABAYA -- Menyikapi tudingan adanya sidang patas yang dilakukan Jaksa Suparlan, terkait perkara penyalahgunaan Narkoba yang menjerat anak dibawah umur, AMR (16) tahun. Jaksa Kejari Surabaya ini akhirnya angkat bicara.

Menurut Suparlan, proses persidangan itu sudah ia jalankan sesuai prosedur dan Undang-undang yang berlaku.

"Semua prosedur dan proses persidangan sudah sesuai dengan sistem peradilan anak. Saat sidang juga dihadiri oleh orang tua terdakwa, pihak bapas (balai pemasyarakatan) dan pengacara,” katanya. 

Disinggung adanya tudingan sidang patas, JPU menjelaskan, penanganan perkara anak harus cepat karena jaksa dan hakim dibatasi dengan masa penahanan anak yang singkat. 

“Namun demikian tahapan dan hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum terkait eksepsi dan pledoi tetap diberikan ruang dan kesempatan yang sama dengan jaksa oleh hakim anak yang menyidangkan perkara tersebut,” terangnya. 

Termasuk saksi yang meringankan juga di minta oleh hakim ke penasehat hukumnya. “Semua prosedur peradilan anak telah dilalui,” tandasnya. 

Sementara, Pakar Hukum Universitas Wijaya Putra Surabaya, Andi Usmina saat dimintai penjelasan tentang kasus ini menyebut, jika proses persidangan anak memang berbeda. 

Persidangannya memang tergolong pidana khusus, namun dalam pelaksanaannya bisa disingkat karena adanya batasan waktu penahanan. Ia menilai tidak ada yang perlu dimasalahkan terkait proses persidangan tersebut.

"Menurut saya tidak ada yang harus dimasalahkan,"kata Rektor Fakultas Hukum Universitas Wijaya Putra Surabaya, Andi [email protected] [JN]