Kabar Kamtibmas Mewujudkan Harmoni Sinergitas 3 Pilar

01 Aug 2019 01:25   Hukum
Kabar Kamtibmas Mewujudkan Harmoni Sinergitas 3 Pilar

KEDIRI. Dengan mengusung tema “wujudkan harmoni Kota Kediri menuju sinergitas 3 pilar kamtibmas”, Polresta Kediri bekerjasama Koramil Kota, Polsek Kota dan Kecamatan Kota mengadakan kabar kamtibmas, kemarin malam. kamis (1/8/2019)

 

Kegiatan yang diikuti seluruh Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Kelurahan, serta perwakilan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Kota ini, diadakan di Gedung ABRI yang berada di Makoramil Kota.

 

Danramil Kota Kapten Inf Suliyono, Kapolsek Kota Kompol Suyitno dan Camat Kota Herry Purnomo, ikut mendampingi Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi selaku nara sumber utama pada Kabar Kamtibmas yang berlangsung malam hari.

 

“Kabar Kamtibmas ini bukan pertama kali dilaksanakan, tapi berkali-kali, khusus Kecamatan Kota sudah tiga kali. Tujuan kabar kamtibmas adalah silaturahmi, tentunya memelihara kamtibmas ini tidak bisa dengan sendiri, perlu bantuan dari rekan-rekan,” jelas AKBP Anton Haryadi.

 

Melalui kabar kamtibmas ini, Kapolresta Kediri ingin mendengar langsung permasalahan yang ada dilingkungan, khususnya yang ada di Kecamatan Kota. Menurutnya, tanpa masukan atau informasi dari warga, tentunya tidak dapat mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi.

 

“Kota ini bisa kondusif, tidak lepas peran dari potensi masyarakat. Karakter masyarakat didaerah juga turut mempengaruhi. Ini bisa kita rasakan saat kampanye lalu, berjalan dengan aman dan lancar,” sambungnya.

 

Dikatakan Kapolresta Kediri, peran Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Kelurahan dan tokoh masyarakat sangat penting sekali, karena setiap hari ada dilapangan akan tahu kondisi terkini di kelurahan-kelurahan.

 

Beberapa item permasalahan disampaikan orang nomor satu di Polresta Kediri ini, dari bahaya narkoba, curanmor, miras oplosan, penipuan dan hoax. Beberapa kasus juga diungkapkannya, agar masyarakat khususnya Kecamatan Kota, mengetahui gambaran yang ada disekitarnya.

 

Selain itu, waktu untuk tanya jawab dan dengar pendapat diberikan kepada seluruh tokoh masyarakat yang ikut serta pada kabar kamtibmas ini. Baik jawaban maupun masukan, akan dijelaskan langsung oleh instansi terkait.

 

Sementara itu, Kapten Inf Suliyono pada kesempatannya, menyampaikan keinginan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-74 yang melibatkan 3 pilar, yaitu Koramil, Polsek dan Kecamatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah lomba 3 pilar yang melibatkan kelurahan-kelurahan se-Kecamatan Kota.

 

Diakhir acara, Herry Purnomo menyampaikan rencana lomba siskamling antar kelurahan yang ada di Kecamatan Kota. Lomba tersebut akan melibatkan peran Babinsa dan Babinkamtibmas di kelurahan-kelurahan. (dodik)