Mendekati Ramadhan, IPNU Surabaya Rapatkan Barisan Bahasa Program

10 May 2018 21:22   Berita Analysis
Mendekati Ramadhan, IPNU Surabaya Rapatkan Barisan Bahasa Program
Foto ketika rapat berlangsung bersama perwakilan PAC Se Surabaya

Surabaya, Bulan suci ramadhan merupakan salah satu bulan yang penting bagi umat Islam. Di dalam bulan tersebut,setiap umat Islam dianjurkan agar senantiasa berlomba-lomba dalam hal kebaikan demi untuk dekat kepada Sang Pencipta. 

Hal tersebut direspon oleh PC IPNU Kota Surabaya melalui bidang kaderisasi dengan melakukan pertemuan untuk merumuskan beberapa program yang nantinya bisa dilaksanakan selama bulan ramadhan.

Bertempat di Aula Gedung Hoofdbestuur PCNU Kota Surabaya, Tim Kaderisasi IPNU Se-Kota Surabaya yang terdiri dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) berkumpul difasilitasi oleh Tim Kaderisasi PC IPNU Kota Surabaya.

Pertemuan yang berlangsung pada kamis (10/5) pagi tersebut digelar secara sederhana dan penuh dengan suasana kekeluargaan. "Kita berkumpul beralaskan lantai demi mempererat kekompakan kita dalam menghadapi program-program yang akan kita jalankan bersama", tutur Amirul Mukminin selaku wakil ketua bidang kaderisasi PC IPNU Kota Surabaya.

Pertemuan tersebut selain menghasilkan beberapa persoalan kaderisasi seperti penyatuan sertifikat beserta nomor anggota, pertemuan tersebut juga menghasilkan beberapa program yang nantinya dilaksanakan di setiap kecamatan masing-masing. Sedangkan untuk perguruan tinggi bergabung dengan PAC di mana perguruan tinggi tersebut berdomisili.

Pondok Ramadhan

Dalam setiap bulan Ramadhan, setiap sekolah tentunya menggelar Pondok Ramadhan yang diisi dengan berbagai materi serta kegiatan keagamaan, baik itu sekolah umum ataupun sekolah Islam yang lainnya.

PC IPNU Kota Surabaya mencoba untuk masuk dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan Pondok Ramadhan tersebut dengan mengerahkan seluruh personil Pimpinan Anak Cabang dengan mengirimkan permohonan surat kerjasama.

“Pada tahun sebelumnya, PC IPNU Kota Surabaya berulang kali menerima tawaran kerjasama dari berbagai sekolah, tetapi mengingat waktu dan jumlah personil Pimpinan Cabang yang terbatas, sehingga beberapa kali tawaran tersebut harus kami tolak”, terang Irul, sapaan akrab Amirul Mukminin.

Irul melanjutkan bahwa PC IPNU Kota Surabaya telah mengevaluasi dan tidak ingin kejadian penolakan tersebut berulang. Sehingga untuk tahun ini PC IPNU Kota Surabaya ingin memaksimalkan tawaran yang ada sekaligus memperluas berbagai jaringan sekolah yang belum terjamah oleh IPNU.

Tidak hanya itu, PC IPNU Kota Surabaya juga telah mempersiapkan rancangan pembelajaran pada kegiatan pondok Ramadhan, seperti Fiqih Puasa, Zakat dan sebagainya apabila pihak sekolah menyerahkan sepenuhnya pada IPNU.

Sampai saat berita ini diturunkan, ada beberapa sekolah yang siap untuk bekerjasama dengan PC IPNU Kota Surabaya, di antaranya SMAT Nurul Huda, SMA Unggulan Amanatul Ummah serta SMA Negeri 11 Surabaya.

Ramadhan Student Camp

Selain Pondok Ramadhan, Ramadhan Student Camp (RSC) merupakan kegiatan keagamaan setiap bulan ramadhan yang diisi dengan materi kekinian, seperti materi tentang media sosial, bedah film dan rupa kegiatan yang lain.

Bedanya, jika tahun lalu RSC digelar oleh Pimpinan Cabang, untuk tahun ini diserahkan kepada PAC agar nilai khidmat kepada masyarakat lebih terkena.

Adapun pelaksanaannya dilakukan dengan gabungan dari tiga PAC dan PKPT serta diawasi secara langsung oleh PC IPNU Kota Surabaya.

Sampai saat ini baru terkonfirmasi PAC Kecamatan Tambaksari, PAC Kecamatan Kenjeran serta PAC Kecamatan Krembangan yang sudah memastikan untuk menggelar RSC di Masjid Muhammad Cheng Hoo, Surabaya.

“Saya berharap RSC tahun ini dapat menghasilkan kader-kader Nahdliyyin yang mampu dan siap untuk beradaptasi dengan generasi milenial saat ini”, pungkas Irul (M. Ichwanul Arifin)