Super Mario Run : Tukang Pipa yang Merambah Dunia Smartphone

14 Mar 2018 06:54   Ngopitainment
Super Mario Run : Tukang Pipa yang Merambah Dunia Smartphone

Apakah kamu masih ingat dengan game Super Mario? Game tersebut adalah game platformer 2d dengan grafis pixel yang terkenal pada tahun 90-an. Pada awalnya game tersebut dirilis untuk game konsol, namun pada tahun 2016 pihak Nintendo selaku pengembang game tersebut mengumumkan bahwa mereka akan merilis game Super Mario untuk platformer mobile. Game ini mendapatkan beberapa pembaharuan yang disesuaikan dengan kondisi pemain pada era modern ini.

Game Super Mario Run dibagi menjadi tiga mode, mode yang pertama adalah world tour. Di dalam mode ini pemain dapat memaikan karakter mario untuk menjelajahi cerita yang ada di dalam game yaitu mengalahkan musuh dan menyelamatkan putri. Mode world tour ini dibagi menjadi beberapa level dengan tingkat kesulitan dan musuh yang berbeda-beda. Mode ini sama dengan mode platformer pada game mario yang lama, dimana pemain diharuskan mengendalikan karakter mario untuk menghindari atau mengalahkan musuh dengan cara melompati atau menginjaknya.

Mode yang kedua di dalam game adalah mode toad rally. Di dalam mode ini pemain dapat bersaing dengan pemain lain untuk untuk mendapatkan dukungan paling banyak dari para penduduk dunia jamur. Permainan di dalam mode ini masih sama yaitu pemain harus mengendalikan karakter dalam platformer dan menghindari rintangan yang ada, selain itu pemain juga dapat lebih banyak mendapatkan dukungan dari penduduk dengan melakukan berbagai macam gaya yang menarik pada saat game berlangsung. Pemain yang mendapatkan dukungan paling banyak akan dianggap sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan penduduk jamur.

Sedangkan mode ketiga yang ada di dalam game adalah mode remix 10. Di dalam mode ini pemain dapat memainkan 10 game atau level di dalam game secara acak. Mode ini juga mengenalkan karakter baru yang dapat dimainkan di dalam game yaitu Daisy dan dunia baru untuk world tour yaitu world star. Pemain juga dapat membangun kerajaan yang ia miliki dengan koin yang didapatkan selama permainan pada mode kingdom builder atau mode utama di dalam game Super Mario Run.

Dari segi gameplay game Super Mario Run masih sama dengan gameplay Super Mario Bros dimana pemain diharuskan untuk mengendalikan karakter mario dan mengalahkan musuh yang ada untuk menyelamatkan putri. Namun di dalam game ini ada pembaruan mode game serta gaya permainan menjadi berlari otomatis. Mario akan berlari secara otomatis. Yang perlu pemain lakukan adalah memutuskan kapan harus melompat, dan seberapa tinggi, menekan yang lebih lama menghasilkan lompatan yang lebih besar. Game ini memiliki banyak gerakan lompat dan flip yang berbeda, tergantung pada apa yang dia lompat atau cara menggunakannya, termasuk kemampuan meluncur ke blok vertikal dan melompat ke arah yang berlawanan

Dari segi grafis, game ini mendapatkan perombakan yang sangat besar karena grafis yang digunakan di dalam game Super Mario Run ini mengusung grafis yang sedang diminati oleh player saat ini. Selain itu ada banyak environment game yang ada di dalam game ini, namun sayangnya game ini hanya membatasi pemain pada mode world level 1 saja untuk pemain yang memainkan game secara gratis.

Dari segi musik game Super Mario Run memiliki musik yang berbeda dengan game Super Mario Bros. Musik yang dibawakan lebih ceria dan meninggalkan musik 8-bit yang pernah digunakan pada game sebelumnya. Namun masih terdapat kesamaan dalam penggunaan efek suara koin, mengalahkan musuh, mengalahkan lawan dan turun dari bendera.