Mahasiswa Kkn Universitas Jember Peringati Hari Anak Nasional

26 Jul 2019 18:14   Jawa Timur
Mahasiswa Kkn Universitas Jember Peringati Hari Anak Nasional
Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Jebung Kidul, Bondowoso (25/7).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember yang tergabung dalam Kelompok 109 Desa Jebung Kidul menggelar berbagai macam lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SDN Jebung Kidul 1.  

Ketua Pelaksana, Haris Faturrahman mengatakan Lomba-lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2019 kemarin.

"Hari Anak Nasional merupakan momentum kepedulian segenap elemen bangsa terhadap hak-hak dasar anak Indonesia," katanya, Kamis, 25 Juli 2019.

Adapun perlombaan yang digelar antara lain Lomba balap kelereng, memasukkan paku dalam botol dan makan kerupuk untuk siswa kelas 1-3. Sedangkan lomba untuk kelas 4-6 diantaranya, Lomba balap karung, tebak kata, dan Jebung Kidul Pintar.

Acara ini turut bekerjasama dengan Forum Anak Bondowoso (FAB) dimana dalam sambutannya Ketua FAB, Kak Tyo mengatakan “Dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ini dapat memotivasi kita untuk tetap mengejar mimpi dan tetap melestarikan permainan tradisional kita.”

Dalam Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) RI mengangkat tema “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak”, harapannya Keluarga berperan kuat dalam upaya pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak.

Sementara itu Kepala SDN Jebung Kidul 1 memberikan pesan terhadap siswa-siswinya bahwasanya “Anak-anak Indonesia harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkarakter dan budi pekerti luhur,” tegasnya.

Sebelum pelaksanaan lomba dimulai, acara Peringatan Hari Anak Nasional tersebut diawali dengan senam baby shark dan gemu famire bersama seluruh siswa, mahasiswa, anggota forum anak, dan dewan guru di Halaman SDN Jebung Kidul 1.