Kkn 105 Unej Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Bagi Anak Usia Dini

22 Aug 2019 14:45   Pendidikan
Kkn 105 Unej Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Bagi Anak Usia Dini
Penyampaian materi terkait bencana alam oleh KKN 105 UNEJ. Foto: (Akbar/KKN 105)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 105 Universitas Jember (UNEJ) menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Sejak Usia Dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa – Sabtu, 6 - 10 Agustus 2019 di Desa Gunosari, Bondowoso. Acara dilaksanakan di empat lokasi yakni SDN Gunosari 01, SDN Gunosari 02, SDN Gunosari 03, dan SDN Gunosari 04, dengan peserta yang terdiri dari siswa kelas 4, 5, dan 6.

William Aloysius Sinaga selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menanamkan karakter tangguh dalam menghadapi bencana alam. “Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menanamkan karakter dasar kepada siswa dan siswi agar tangguh dalam menghadapi bencana alam yang ada di Desa Gunosari,” ujarnya.

Koordinator Desa Gunosari, Akbar Wicaksono, menerangkan bahwa pelatihan ini mendapatkan respon positif dari peserta yang terlibat di dalamnya. “Antusias dari siswa-siswi SD yang kita datangi sangat besar dan kedatangan kita dapat diterima dengan baik. Siswa-siswi mampu menerima materi yang kita sampaikan dengan baik,” ujar Akbar.

Dukungan penuh juga diberikan oleh pihak lembaga terkait yang dikunjungi oleh Kelompok KKN 105, salah satunya adalah Kepala Sekolah SDN Gunosari 02. “Saya selaku Kepala Sekolah SDN Gunosari 02 sangat mendukung adanya kegiatan ini. Pendidikan dan pelatihan dalam menghadapi bencana alam memang harus dimulai dari kecil, Jelasnya.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, kelompok KKN 105 menyampaikan materi terkait bencanaan alam yang meliputi gunung meletus dan gempa bumi. Materi juga disampaikan dalam bentuk permainan  berupa simulasi menghadapi bencana alam gunung meletus, gempa bumi, dan hujan abu vulkanik.

Harapan juga disampaikan oleh Kepala Desa Gunosari agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif  bagi anak-anak di Desa Gunosari. “Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini memberikan dampak yang baik kepada anak-anak disini untuk tangguh dari bencana meletusnya Gunung Raung”, harap Ilyas. []